Cuaca Ekstrem Dongkrak Harga Cabe semakin ‘Pedas’

0

DAMPAK dari cuaca buruk, harga cabe di Kota Banjarmasin naik dua kali lipat. Para pembeli dan pedagang pun mulai keluhkan lonjakan ini.

MENURUT Ramadhan yang merupakan salah satu pedagang, kenaikan tersebut sudah dirasakan sejak beberapa pekan ini, Dia menduga, kenaikan tersebut imbas dari daerah pemasok seperti Kandangan dan Barabai sempat terendam banjir.

“Akibatnya pasokan terhambat, ditambah hasil panen petani tidak maksimal karena di dua daerah tersebut adalah pemasok cabe yang saya jual sehari-hari,” ujar Ramadhan .

Harga cabe besar atau cabe merah, yang sebelumnya Rp 45 ribu/kilogram, kini menjadi Rp 80 ribu/perkilogram. Sedangkan cabe rawit, yang sebelumnya Rp 100 ribu, kini Rp 140 hingga Rp 150 ribu/kilogramnya.

BACA: Harga Cabe dan Sayuran Merangkak Naik

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, Birhasani mengakui harga cabe melonjak naik dalam kurun waktu dua mingguan ini. “Kenaikan ini terjadi pada semua jenis cabe, kecuali cabe hijau yg masih normal,” ujarnya.

“Hal ini terjadi tidak di Kalsel saja, tapi secara nasional mengalami kenaikan. Penyebabnya seperti biasa, setiap terjadi musim hujan yang panjang akan berakibat pada rusaknya tanaman cabe. Kandungan air yang tinggi, membuat cabe cepat busuk baik saat di pohon maupun saat di penyimpanan,” terangnya.

“Produksi berkurang dan suplaynya ke pasar juga turun drastis. Pedagang tidak berani stok dalam jumlah banyak, takut rugi karena resiko cepat busuk, jika disimpan dalam waktu lama. Terlebih saat musim hujan ini ada beberapa daerah sentra cabe yang terendam banjir, tentunya lebih memperparah berkurangnya suplay di pasar,” sambungnya.

Cabe di Kalsel selain dari produk lokal, juga didatangkan dari pulau Jawa dan Sulawesi. Namun di kedua daerah tersebut juga mengalami masalah yang serupa, yaitu cuaca ekstrim. “Saya mengimbau, agar masyarakat lebih hemat dan mencari solusi dengan memilih jenis cabe yang lebih murah,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.