Ditapung Tawari Ulama, 2 Unit Bus ‘Kuning’ Teman Diperkenalkan kepada Warga Banjarbaru

0

WALIKOTA Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin turut menaiki dua unit bus baru diberi nama Teman. Bus warna kuning ini berakronim Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal, dan Nyaman.

DUA bus baru dari Kementerian Perhubungan ini pun diperkenalkan kepada warga idaman saat menghadiri pembukaan Banjarbaru Murdjani Festival 2021, Jumat (17/12/2021) .

Bus anyar sebelum mengaspal terlebih dulu ditapung tawari oleh KH Zubaidillah didampingi Walikota Aditya Mufti Ariffin serta unsur Forkopimda Banjarbaru.

Prosesi tapung tawar ini diawali pembacaan doa selamat oleh KH Zubaidillah. Dilanjutkan dengan memecahkan kendi yang berisikan air kembang beraneka rupa, kemudian menyiramkan dan menepukkan air kembang ke badan bus.

Setelah prosesi tapung tawar itu, Walikota Aditya bersama rombongan meninjau dan menaiki Teman Bus untuk melihat-lihat isi di dalamnya.  Walikota Aditya Mufti Ariffin memecahkan kendi berisi air kembang, sebagai bagian dari prosesi betapung tawar. 

BACA : Program Trans Banjarbakula Gol Di Kemenhub, 75 Bus Baru Segera Mengaspal Di Kalsel

Usai meninjau, Walikota Aditya menyampaikan bahwa Teman Bus ini merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, untuk melayani masyarakat yang masuk dalam aglomerasi Banjarbakula (Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Laut dan Barito Kuala).

Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin saat mencoba menaiki bus baru Teman di Lapangan Murdjani. (Foto Istimewa)

Senada itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie menambahkan bahwa dua unit bus yang dihadirkan hari ini hanya untuk diperkenalkan saja.

“Belum beroperasi, kami ingin memperkenalkannya dulu kepada masyarakat. Unit (bus) lainnya masih dalam tahap pengiriman dari Jakarta,” ucap Yani Makkie kepada jejakrekam.com, Jumat (17/12/2021).

BACA JUGA : Pengelolaan Sampah di TPA Banjarbakula Dapat Menjadi Contoh Provinsi Lain

Dia berharap, kehadiran Teman Bus ini ke depan dapat memberikan manfaat dan kemudahan bagi masyarakat dalam hal pelayanan transportasi massal.

“Yang jelas moda transportasi Banjarbakula ini angkutan yang aman, nyaman, dan murah. Insya Allah murah dan menyenangkan,” ucap adik kandung mantan Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie ini. 

Yani Makkie menjelaskan empat koridor alias jalur Bus Trans Banjarbakula akan tersambung atau terkoneksi melayani masyarakat di lima kota kabupaten yang akan dilintasi. Yakni, Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura (Kabupaten Banjar), Bati-Bati (Tanah Laut) dan Handil Bakti (Batola).

BACA JUGA : Dua Unit Bus Tayo Dioperasikan Layani Penumpang Bandara Syamsudin Noor

Rinciannya, untuk koridor 1 dari Simpang Empat Banjarbaru ke Pal 17 (Jalan A Yani Km 17, Gambut), koridor 2 dari Pal 17 ke Km 0 (Jalan Sudirman Banjarmasin). Kemudian, koridor 3 Pal 6 (Jalan A Yani Km 6) ke Handil Bakti. Sedangkan, koridor 4 dari Pal 17 (Terminal Gambut Barakat) ke Bati-Bati, Tanah Laut.

“Dari hasil zoom metting kemarin dan hari ini direncanakan pada 22 Desember 2021 nanti akan dilauncing oleh Menteri Perhubungan atau Dirjen Perhubungan Darat dan Gubernur Kalsel untuk pengoperasi bus-bus tersebut. Semoga sesuai jadwal,” kata Yani Makkie.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.