Tahun Depan Pasar Batuah Tak Kumuh Lagi

0

PASAR Batuah yang berada di Jalan Veteran memberikan kesan kumuh dan tidak tertata dengan baik, tahun depan akan di revitalisasi oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI.

KABAR ini diungkapkan Kepala Disperindag Kota Banjarmasin, Ichrom M Tezar saat mendampingi Walikota Ibnu Sina meresmikan Kawasan Kuliner Warung Kopi Banjarmasin, Rabu (15/12/2021).

“Kawasan itu tanahnya milik Pemkot Banjarmasin, di mana separonya untuk hunian dan separonya lagi pasar,” ujarnya.

BACA: Aliansi Pedagang Kukuh Menolak Revitalisasi Pasar Ujung Murung-Sudimampir Baru

Langkah awal yang dilakukan, membangun kordinasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan, untuk melakukan pendataan di lokasi hunian. “Mungkin eksennya di awal tahun 2022. Sekarang kita beritahukan kepada mereka secara lisan, dan juga lewat media,” ujarnya.

“Selanjutnya kita akan merevitalisasi Pasar Batuah di seluruh kawasan itu, jadi semuanya harus clean and clear. Karena ini merupakan dana bantuan dari Kementerian Perdagangan melalui dana tugas pembantuan kurang lebih Rp 3,5 miliar khusus untuk fisik bangunan,” katanya.

Direncanakan, revitalisasi Pasar Batuah akan membangun 124 kios/lapak. “Sedangkan di luar dari fisik bangunan seperti pembersihan area, pematangan lahan, terus untuk relokasi pedagang, dianggarkan dari APBD Kota Banjarmasin tahun 2022,” sambungnya.

BACA JUGA: Diusulkan Revitalisasi ke Kemendag, Pedagang Pasar Batuah Minta Harga Kios Tak Mahal

Sementara itu, Hj Raudah yang sehari-hari sebagai pedagang membenarkan bahwa ia sudah didata oleh Disperindag Kota Banjarmasin. Kelengkapan administrasipun dilengkapi oleh beberapa pedagang.

“Saya pribadi setuju pasar ini direvitalisasi, agar pasar ini tidak kumuh dan semrawut lagi, ujar Hj Raudah yang warungnya persis berada di pinggir Jalan Manggis Raya.

“Tetapi, saya kuatir kalau nanti pasarnya sudah jadi, jangan sampai letak toko saya ini nantinya berubah. Tidak disini lagi dan tidak lagi di pinggir jalan raya seperti saat ini, Kalau bisa posisi kami tetap di sini saja, sebab saya dengar penempatan itu nanti dilakukan secara undian, ini lah yang saya kuatirkan,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.