Empat Strategi Membangun Kabupaten Dengan Pondasi Pendidikan

0

SEBAIK-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. “Salah satu profesi yang paling banyak manfaatnya adalah guru, yang perannya begitu banyak untuk mencerdaskan anak bangsa,” ungkap Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar.

GURU adalah tonggak dasar sekaligus penentu masa depan, karena di tangan gurulah terbentuk generasi-generasi yang berkualitas. “Sudah berapa banyak yang jadi presiden, menteri, gubernur, bupati hingga berbagai profesi yang terhormat. Mereka sukses semua adalah berkat didikan guru,” kata Zairullah.

“Generasi hari ini atau kita-kita yang ada di sini adalah produk dari para guru. Oleh sebab itu sangat menjadi luar biasa di forum ini, karena pada kesempatan ini saya bisa bersilaturahmi dengan para guru yang dianggap sudah berjuang di sudut yang terpencil di wilayah Tanah Bumbu, menurut saya itu sebuah perjuangan yang luar biasa,” ujar Bupati.

Dihadapan para Guru, Zairullah turut menyampaikan bahwa Kabupaten Tanah Bumbu memiliki strategi sangat spesial yang disebut ‘Tetra Batutungku’ dalam membangun Tanah Bumbu kedepan.

BACA: Disdikbud Tanbu Sosialisasikan Visi dan Misi Pendidikan Bupati HM Zairullah Azhar

Pertama yang dibangun adalah sumber daya manusia, tentu kuncinya pendidikan. “Setelah itu ekonomi, kenapa demikian? Kalau membangun tentu membutuhkan dana, baik membangun kabupaten, membangun keluarga, rumah tangga, hingga diri pribadi,” sambung Zairullah.

“Sehingga ekonomi harus kita bangun kerena ini termasuk memberikan berbagai kebutuhan dan fasilitas yang diperlukan bagi masyarakat,” jelas bupati.

“Kemudian infrastruktur. Hal ini termasuk penting, di mana Tanah Bumbu yang luasnya 5.000 kilometer persegi ini bukan kabupaten yang kecil. Sementara daerah ini dalam 1 jam hanya dapat menuju 1 Kecamatan bahkan ada desa yang jaraknya hingga 100 kilometer,” terangnya.

Hal ini bisa dibayangkan, bagaimana pemerintah membenahi dan mempersiapkan infrastruktur agar bisa menunjang termasuk kegiatan pendidikan dan yang lainnya.

Dan keempat, adalah penguatan dan komitmen pemerintahan, dan komitmen bersama sebagai pelaksana amanah tersebut.(jejekarekam)

Penulis Diskominfo Tanbu
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.