Polda Kalimantan Tengah Jalin Kerja Sama Keamanan Kegiatan Operasional PT Bharinto Ekatama

0

PERJANJIAN kerja sama bantuan pengamanan dan penegakan hukum telah di tandatangani antara Polda Kalimantan tengah dengan PT Bharinto Ekatama (PT BEK), Rabu, (15/12/2021).

PENANDATANGANAN digelar di Kantor Kecamatan Teweh Timur, Barito Utara, yang isi perjanjian tersebut memberikan jaminan keamanan dan penegakan hukum bagi PT BEK saat menjalankan kegiatan operasional di wilayah kerjanya.

Disebutkan bahwa Kepolisian Kalimantan Tengah akan melakukan patroli ke seluruh fasilitas atau aset perusahaan di wilayah kerja PT BEK guna mencegah terjadinya gangguan yang menghambat kegiatan operasioal. Hal yang terjadi seperti pencurian alat produksi, pencurian bahan bakar minyak, vandalism (pengrusakan), ancaman terorisme, premanisme, intimidasi, pemalakan, penyerobotan lahan, serta blokade akses dan penghentian kegiatan operasi, menjadi peristiwa yang sering terjadi.

BACA: PT BEK Memberikan Perhatian Di Wilayah Sekitar Operasi Tambang

“Sesuai regulasi, terhadap setiap investasi yang ada, khususnya kita di wilayah Kalimantan Tengah, Polri berkewajiban mengamankan,” kata Direktur Pengamanan Obyek Vital Polda Kalimantan Tengah Kombes Pol I Nyoman Suastra.

Selanjutnya disampaikan bahwa perjanjian kerja sama pengamanan tersebut juga sejalan dengan perintah Presiden Republik Indonesia kepada aparat negara untuk mengamankan semua investasi di tanah air.

Perjanjian kerja sama berlaku selama 2 tahun untuk kemudian dievaluasi apakah perlu diperpanjang atau perusahaan dianggap telah mampu melakukan pengamanan sendiri, jelas Nyoman.

“Jika sudah mampu melakukan pengamanan sendiri, tugas Polri hanya akan memantau. Kehadiran kepolisian dalam masa perjanjian itu berperan sebagai cadangan/back up untuk menjamin operasional PT BEK berjalan dengan baik,” katanya.

“Tentunya untuk mencapai kemandirian, ada sistem manajemen keamanan yang indikator-indikatornya perlu dipenuhi oleh PT BEK, seperti penggunaan peralatan keamanan,” sambungnya.

BACA JUGA: Bupati Nadalsyah Pimpin Mediasi PT BEK Dengan Warga

Ignatius Wurwanto menyampaikan bahwa PT BEK sebagai pemegang PKP2B harus menjaga kegiatan operasionalnya agar tetap berjalan dengan lancar.

“Dalam hal untuk menjamin keamanan dalam keberlangsungan operasi tambang, tentunya tidak bisa dilakukan sendiri dan harus melibatkan pihak kepolisian,” katanya.

Diharapkan dengan adanya kerja sama ini akan tercipta situasi keamanan yang lebih kondusif dengan melibatkan semua pihak yang terkait, khususnya Polda Kalteng dan jajarannya dibawah direktorat pengamanan objek vital nasional.

“Dengan mekanisme ini tentunya diharapkan koordinasi dan komunikasi dalam menjamin keamanan operasional objek vital nasional dapat berjalan dengan lebih baik,” pungkasnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2021/12/16/polda-kalimantan-tengah-jalin-kerja-sama-keamanan-kegiatan-operasional-pt-bharinto-ekatama/
Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.