Husairi Abdi

Pasar Bauntung Raih Sertifikat SNI, Walikota Banjarbaru Aditya Pesan Fasilitas Dijaga Baik

0

DIRESMIKAN sejak 16 Februari 2021, kini Pasar Bauntung Banjarbaru di Jalan RO Ulin, Kelurahan Loktabat Selatan, Banjarbaru Selatan, meraih sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) pasar rakyat kelas A dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada Rabu (8/12/2021).

PASAR tradisional yang didesain modern ini memiliki beragam fasilitas seperti area parkir cukup luas. Berdiri dua lantai di atas lahan sekira 3,9 hektare dengan luas bangunan 1,7 hektare, pasar ini mulai digarap sejak 6 Desember 2019, menelan dana Rp 86 miliar lebih.

Pasar pengganti Pasar Bauntung Lama yang dianggap sudah tak layak lagi, walau berada di pusat kota Banjarbaru, Jalan Kemuning dan Jalan Jati telah mengantongi SNI untuk kategori pasar kelas A serta penghargaan tipe A.

Sertifikat ini langsung diserahkan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga usai meninjau fasilitas di Pasar Bauntung Banjarbaru yang dilengkapi ruang kesehatan, ada dokter hingga ruang menyusuai anak, sesuai standar SNI bagi pasar.

Parameter, indikator dan standar yang dipatok Kemendag telah dipenuhi Pasar Bauntung Banjarbaru menjadi alasan pemberian SNI tersebut. Kategori pasar kelas A diberikan karena saat ini ada 750 pedagang yang beraktivitas di Pasar Bauntung Banjarbaru. Perpaduan konsep tradisional dan modern juga dinilai layak untuk meraih titel pasar rakyat titel 1.

Wakil Walikota HM Aditya Mufti Ariffin bersyukur dengan pencapaian sertifikat SNI untuk Pasar Bauntung buah dari kerja keras Dinas Perdagangan Banjarbaru.

Dia berpesan agar fasilitas yang ada di Pasar Bauntung bisa dijaga dengan baik, karena pusat perekonomian rakyat Kota Idaman telah dilengkapi instalasi pengolahan air limbah (IPAL), sarana dan prasarana pemadam kebakaran serta berbagai alat penunjang lainnya.

Kepala UPT Pasar Bauntung Banjarbaru, Adi Royan berharap sertifikat SNI merupakan awal dari pelayanan untuk masyarakat. Apalagi, dalam proses penilaian juga melibatkan banyak pihak.

“Ke depan, kita berharap Pasar Bauntung Banjarbaru bsia menjadi percontohan model pasar rakyat di Indonesia,” kata Adi Royan.(jejakrekam)

Penulis Rahm Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.