Alami Abrasi, Pemkab Tanah Laut-Pemprov Kalsel Harus Selamatkan Pantai Takisung

0

MENJADI destinasi wisata pantai khas Kalimantan, kondisi Pantai Takisung kian memprihatinkan. Padahal, selama ini Pantai Takisung merupakan objek wisata yang paling diburu warga Kalimantan Selatan saat berliburan.

FAKTA itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalsel HM Rosehan Noor Bachri usai meninjau Pantai Takisung dan berdialog dengan warga Desa Takisung, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut.

“Wajar saja, jika Pantai Takisung ini menjadi objek wisata pantai andalan bagi Tanah Laut, karena panorama alamnya masih memesona. Apalagi, jaraknya dari Banjarmasin, ibukota Kalsel dan Pelaihari, ibukota Tanah Laut juga terlalu jauh,” ucap Rosehan kepada jejakrekam.com, Minggu (12/12/2021).

Untuk jarak Pelaihari ke Pantai Takisung hanya kurang lebih 22 kilometer. Sedangkan dari Banjarmasin berjarak 87 kilometer, dapat ditempuh dengan berbagai moda transportasi baik sepeda motor maupun mobil dan lainnya.

BACA : Polda Kalsel Terjunkan Personel Brimob Amankan Pantai Takisung

Namun, dari dialog dengan perangkat desa dan warga Desa Takisung termasuk yang mengelola objek wisata itu, Rosehan mencatat ada beberapa hal yang harus segera dibenahi. Apalagi, saat ini, angka kunjungan wisatawan ke Pantai Takisung dengan menurunkan kasus Covid-19 di Kalsel dan Tanah Laut, mengalami peningkatan.

“Kondisi Jembatan Takisung juga memprihatinkan, oprit jembatan mengalami penurunan bahkan hampir runtuh akibat abrasi atau terjangan dari rob air laut,” kata Rosehan.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalsel HM Rosehan NB berdialog dengan warga Desa Takisung soal kondisi Jembatan Takisung yang mengalami penurunan di bagian opritnya.(Foto Istimewa)

Mantan Wakil Gubernur Kalsel ini mengatakan abrasi atau pengikisan pantai diakibatkan dorongan dari tenaga gelombang laut yang kuat. Terlebih lagi akibat fenomena La Nina, makin memparah kondisinya. “Saat ini, kondisi Pantai Takisung semakin menjorok ke daratan dan pemukiman warga,” ucap Rosehan.

BACA JUGA : Memandang Keindahan Laut Jawa di Pantai Takisung

Dari pantauan Rosehan di lapangan, walau sudah dipasang beberapa breakwater atau pemecah ombak, namun saran aitu masih kurang dikarenakan tidak bisa mencover Pantai Takisung, sehingga abrasi semakin cepat dan meluas.

“Untuk menahan laju abrasi di Pantai Takisung segera menanam bibit pohon agar hutan mangrove yang menjadi penyangga pantai bisa lebih efektif untuk mencegah pengikisan pantai,” tuturnya.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kalsel ini juga menyarankan agar Pemkab Tanah Laut dan Pemprov Kalsel bersama kementerian terkait di pemerintah pusat bisa menggelontorkan dana keroyokan untuk menyelamatkan Pantai Takisung.

“Hampir semua masyarakat Kalsel, terutama dari Banjarmasin mengenal dan pernah ke Pantai Takisung. Ayo kita sama-sama menyelamatkan Pantai Takisung, karena objek wisata ini masih menjadi andalan bagi Kalsel,” pungkas Rosehan.(jejakrekam)

Pencarian populer:abrasi pantai tangkisung,https://jejakrekam com/2021/12/13/alami-abrasi-pemkab-tanah-laut-pemprov-kalsel-harus-selamatkan-pantai-takisung/
Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.