Tangkal Banjir, BPBD Tanbu Susun Dokumen Kontijensi Bencana

0

BANJIR yang acapkali melanda sejumlah titik di Kabupaten Tanah Bumbu membuat pemkab setempat mesti menyusun dokumen kontijensi bencana.

KABAR terkini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanbu sudah menyusun dokumen tersebut untuk menanggulangi banjir pada tahun-tahun yang akan datang.

“Hari ini sudah ekspose laporan akhir penyusunan dokumen rencana kontijensi banjir,” kata Sekretaris BPBD Tanbu, Supiani, Rabu (8/12/2021) di Ruang Rapat Pusdalops yang berlokasi di Gunung Tinggi Batulicin.

BACA JUGA: Banjir di Wilayah Kota Simpang Empat Jadi Perhatian Dinas PUPR Tanbu

Supiani bilang, okumen kontijensi banjir ini memuat bagaimana mekanisme koordinasi, ketersediaan sarana prasarana, logistik, alokasi pendanaan, ketersediaan SDM, tupoksi, dan lainya.

“Dokumen kontijensi ini sebagai pedoman dalam penanggulangan bencana di Tanah Bumbu. Jadi, ketika terjadi banjir, tindakan yang dilakukan sudah diketahui. Siapa berbuat apa, kebutuhan sarana dan prasarana, dan lainnya,” ucapnya.

Pada ekspose laporan akhir tersebut juga dilakukan simulasi koordinasi penanggulangan bencana banjir dan akan dilanjutkan simulasi lapangan. (jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.