Mall Pelayanan Publik Wujud Kehadiran pemerintah di Tengah Masyarakat

0

MALL Pelayanan Publik (MPP) Banjarbaru di Jalan Husni Thamrin nomor 01 Kota Banjarbaru, resmi dibuka, Selasa (7/12/2021).

GEDUNG dua lantai ini mewadahi aktivitas pelayanan publik secara terpadu, didukung fasilitas modern dan sistem yang terintegrasi.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar, Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin, Wakil Walikota Banjarbaru Wartono, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB Diah Natalisa, serta Staf Khusus Kementerian PAN RB Saifudin Latief, meletakkan tangan di giant screen secara bersamaan sebagai simbol peluncuran MPP Banjarbaru.

BACA: Status Legalitas Mitra Plaza Harus Jelas, Mall Pelayanan Publik Banjarmasin Disuntik Rp 1,3 Miliar

Ada 13 gerai instansi di MPP Banjarbaru yang siap memberikan pelayanan publik di bidang barang, jasa, maupun administrasi.

Instansi yang bergabung meliputi POLRES, UPPD Samsat, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, BPJS Ketenagakerjaan, PT Taspen, BRI, Bank Kalsel, BNN, Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil.

Kemudian Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin menjelaskan, MPP Banjarbaru sudah beroperasi sejak Februari 2021. Pelayanan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan menghadirkan delapan gerai.

“Keberadaan Mall Pelayanan Publik ini merupakan wujud kehadiran pemerintah di tengah masyarakat, serta jawaban atas kebijakan publik yang harus adaptif dan berkelanjutan, dengan memudahkan dan menyederhanakan pelayanan publik,” tegasnya.

BACA JUGA: Miliki Mall Pelayanan Publik Perdana di Kalsel, Batola Diapresiasi Ombudsman

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, menyambut baik keberadaan Mall Pelayanan Publik ketiga di Kalimantan ini, sekaligus ke-49 di Indonesia.

“Hadirnya Mall Pelayanan Publik menjawab tantangan perkembangan zaman, di mana pelayanan publik dituntut cepat, responsif, aman, dan terjangkau,” tulis Gubernur Kalsel dalam sambutan yang dibacakan Sekdaprov Roy Rizali Anwar.

Pemprov Kalimantan Selatan selalu berupaya meningkatkan layanan publik yang semakin baik, mudah, cepat, aman, dan akuntabel. Salah satunya dengan mendorong dan mengawal peningkatan kualitas pelayanan publik di kabupaten/kota, karena kabupaten/kota merupakan garda terdepan sektor pelayanan publik.

Sementara itu, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB Diah Natalisa, usai meninjau gerai-gerai yang siap beroperasi, mengatakan, keberadaan MPP Banjarbaru juga mampu mendukung pertumbuhan investasi di daerah.

“Dengan adanya MPP ini, investasi diharapkan meningkat, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Diah Natalisa.

BACA LAGI: Mall Pelayanan Publik Tabalong Sudah Beroperasi

Diah Natalisa menyebut MPP sebagai integrasi layanan dalam satu gedung, atau one stop service area.

Menurutnya, kehadiran MPP harus bisa memberi wajah baru bagi peningkatan kualitas pelayanan publik. “Berikan layanan yang nyaman, terjangkau, cepat, dan ramah. Lakukan kerja sama harmonis baik di tingkat OPD maupun instansi vertikal,” pesannya.

Kegiatan peluncuran ini dirangkaikan dengan penandatanganan Komitmen Replikasi Inovasi Pelayanan Publik antara Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB dengan Provinsi Kalimantan Selatan dan kabupaten/kota.

Diketahui, Kalimantan Selatan adalah salah satu dari 12 provinsi yang menjadi daerah percontohan jaringan inovasi pelayanan publik.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.