Banjir di Kalsel, Gubernur Perintahkan Jajarannya Bergerak Cepat

0

MUSIBAH banjir kembali melanda dan cukup meluas di sejumlah wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) mengundang prihatin dan direspon cepat Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, untuk terus ditanggulangi serius.

DIANTARANYA daerah yang paling terdampak yaitu Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah dan Banjar.

Diapun sudah menyatakan kondisi tanggap darurat dan meminta jajarannya untuk gerak cepat dalam upaya tanggap darurat banjir di beberapa kabupaten dan kota di Kalsel.

“Dijajaran sudah saya perintahkan untuk bergerak cepat dalam upaya tanggap darurat banjir ini,” kata H Sahbirin Noor usai kegiatan rapat paripurna di DPRD Kalsel, Rabu (8/12).

BACA : Hadapi Fenomena Banjir Rob Ancam Banjarmasin, Habib Fathur Minta Warga Waspada

Khususnya anak muda yang ada di instansi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kab/kota agar bergerak cepat turun ke lapangan jika terjadi bencana sehingga tidak menunggu perintah lagi dan segera turun jika terjadi musibah dan melaporkan cepat apa yang harus dilakukan.

“Kita masyarakat sama-sama berjuang untuk mengantisipasi dan bertahan dari musibah yang datang,” pesannya.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini juga mengimbau masyarakat agar bersabar terhadap musibah yang terjadi dan sebaiknya mengungsi jika wilayah-wilayah yang ditinggali akibat bencana banjir sudah tidak representatif dan berpotensi membahayakan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kalsel M Syaripuddin mengatakan dengan ditetapkannya tanggap darurat untuk Kalsel maka diharapkan seluruh stakeholder bekerjasama.

Khususnya dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) sebagai media informasi kepada masyarakat yang mengetahui situasi dan prediksi sampai kapan berlangsungnya bencana banjir di wilayah Kalsel.

Politisi yang akrab disapa Bang Dhin ini mengingatkan, bahwa Banjir Rob seperti ini merupakan bencana yang sering terjadi di akhir tahun. “Seperti yang saya sampaikan kita perlu mitigasi bencana jangka panjang sebagai antisipasi,” pungkas Bang Dhin.(jejakrekam)

Pencarian populer:kalsel banjir
Penulis Ipik G
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.