Husairi Abdi

Diterjang Gelombang Besar dan Angin Kencang, Puluhan Rumah Hancur di 2 Kecamatan di Kotabaru

0

AKIBAT diterjang gelombang besar laut dan tiupan angin kencang, puluhan rumah dilaporkan mengalami kerusakan di dua kecamatan Kabupaten Kotabaru, Senin (6/12/2021).

KEPALA Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru, Rusian Ahmadi Jaya mengungkapkan dua kecamatan yang terdampak terjangan gelombang besar itu berada di Kecamatan Pulau Laut Barat dan Pulau Laut Tanjung Selayar.

“Untuk di Kecamatan Pulau Laut Barat, terdapat tiga desa terdampak gelombang besar. Yakni, Desa Lontar Utara terdapat 33 rumah mengalami kerusakan,” ucap Rusian Ahmadi Jaya kepada jejakrekam.com, Selasa (7/12/2021).

Masih menurut dia, untuk Desa Lontar Selatan ,rumah yang terdampak sebanyak 17 buah. Begitupula, di Desa Tapian Balai, ada 7 buah rumah.

BACA : Gelombang Tinggi Di Laut Jawa Dan Kotabaru, Syahbandar Muara Kintap Beri Peringatan Bahaya Kepada Nakhoda

Rusian menjelaskan selain rumah warga terdampak bencana gelombang. Beberapa fasilitas umum mengalami hal serupa. Yakni, dermaga/jembatan kayu ulin Desa Lontar Utara RT 4 untuk sandar kapal nelayan putus di bagian tengah sektiar 100 meter. Ada pula, bangunan semi permanen Poskamling RT 06 Desa Lontar Utara terkena imbas.

“Sedangkan, untuk di Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar , tepatnya di Desa Teluk Tamian. Akibat pasang air laut disertai gelombang dan angin kencang, sebanyak 8 buah rumah, warung dan kelotok megalami kerusakan akibat ditimpa pohon kelapa yang tumbang. Sebagian besar roboh total, serta terjangan gelombang besar juga membuat sarana umum lainnya mengalami kerusakan,” ungkap Rusian.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.