Husairi Abdi

Antara KMKB dan Mahasiswa Batola

0

Oleh : Nasrullah

ADA perbedaan antara mahasiswa dari Barito Kuala (Batola) dengan mahasiswa Batola. Hal ini saya sampaikan dalam Selayang Pandang Kerukunan Mahasiswa kabupaten Barito Kuala (KMKB) yang kuliah di UIN Antasari Banjarmasin.

MAHASISWA dari Batola adalah sosok personal mahasiswa tersebut membawa dirinya dengan identitas lokal desa atau kecamatan dia berasal.

Wawasan tentang Batola tidak muncul dari pergaulan dengan sesama mahasiswa dari Batola. Sebaliknya, mahasiswa Batola merupakan person yang sudah membaur dengab pergaulan intensif sesama mahasiswa dari Batola.

Menjadi mahasiswa Batola berarti ia mengenal dengan baik dan terlibat bersama-sama dalam berbagai. Harapan itu muncul dengan adanya Kerukunan Mahasiswa Kabupaten Barito Kuala (KMKB) yang mewadahi mahasiswa secara organisatoris sejak tahun 2001.

BACA : Pemkab Batola dan Uniska Jalin Kerjasama Program โ€œJanda Ayuโ€

Tak lama kemudian, wadah fisik juga hadir dengan adanya bangunan asrama putra dan asrama putri KMKB. Alhamdulillah, KMKB memiliki koneksi yang tak terputus sejak organisasi ini berdiri, 20 tahun lalu hingga sekarang akan datang.

Di hadapan pengurus KMKB dalam acara  orientasi kepengurusan di asrama Putra, Sabtu (4/12/2021). Saya berharap agar mahasiswa Batola menjadi asrama sebagai wadah perbincangan keilmuan.

Dengan begitu, Batola tidak hanya sebagai daerah asal atau kampung halaman, melainkan dikenal sebagai pengetahuan

BACA JUGA : Manfaatkan Jerami dan Gadang Pisang, Mahasiswa ULM Ajarkan Bikin Pupuk Tricodherma

Mahasiswa Batola tidak boleh asing dengan percakapan bahasa Bakumpai sebab komunitas Dayak Bakumpai menempati beberapa kecamatan di Batola. Juga menerima realitas keberadaan tramsmigran yang ada sejak zaman  Belanda.

Mahasiswa Batola mesti mempelajari berapa institusi pendidikanย  keislaman di Batola baik madrasyah hingga pondok pesantren. Belum lagi afiliasi kurikulum atau model pembelajaran diadopsi daei mana saja.(jejakrekam)

Penulis adalah Akademisi FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM)

Warga Desa Jambu Baru, Kecamatan Kuripan, Batola

Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.