Husairi Abdi

Relawan dan Komunitas Gabungan HSU Kirimkan Bantuan Di Tengah Kepungan Banjir

0

BANJIR di Kota Amuntai, Hulu Sungai Utara dari hari Senin (29/11/2021) membuat para relawan Amuntai Peduli Sesama (APS), Komunitas Gabungan Emergency (KGE) dan Komunitas Gabungan HSU prihatin.

CURAH hujan yang tinggi, membuat debit air sangat cepat naik di beberapa Kecamatan. Seperti Kecamatan Banjang, Kecamatan Amuntai Utara, Kecamatan Haur Gading, Kecamatan Amuntai Tengah dan Kecamatan Sungai Pandan.

Para Relawan Amuntai Peduli Sesama (APS), Relawan Cepat Tanggap Bencana (Cetana) dan Relawan Komunitas Gabungan Emergency HSU (KGE) bersama relawan gabungan HSU membuka posko-posko di sekretariat masing-masing. Sebagian lagi langsung turun ke Lapangan membantu warga yang terkena dampak banjir. Di beberapa desa dan kecamatan, komunitas gabungan membagikan paket sembako dan obat-obatan kepada warga.

BACA: Dapat Banjir Kiriman, Sebagian Wilayah HSU Ikut Terendam

Setahun terakhir, banjir di Kabupaten HSU lebih parah dari banjir tahun sebelumnya. Sudah hampir tiga tahun ini banjir selalu terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Terutama kecamatan yang berdekatan dengan sungai dan pedesaan yang di pedalaman. Bahkan, banjir masuk di kota dan beberapa kelurahan.

Buya Yusuf dari APS dan Bunda Aqila dari KGE selaku koordinator lapangan menyampaikan untuk mengatasi banjir ini dan membantu warga. “Kita harus bersatu dan bersama-sama untuk membantu warga, karena ini sudah kewajiban kita untuk membantu mereka, dan kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri,” ujar mereka.

Hampir tiap hari relawan gabungan ini turun ke lapangan dari pagi sampai malam membagikan sembako untuk warga. Lebih diutamakan di daerah terpencil serta pinggiran sungai, yang mana mereka yang tidak bisa beraktifitas lagi.

Ada beberapa desa yang tidak bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat dan roda dua. Para relawan harus menggunakan perahu mesin untuk mengantarkan bantuan sembako ke desa tersebut.

Seperti di Desa Mawar Sari dan Desa Pinang Kara Kecamatan Amuntai Tengah, Desa Danau Terati dan Desa Pimping Kecamatan Banjang, Desa Pondok Babaris Kecamatan Sungai Pandan, Desa Murung Padang Kecamatan Amuntai Utara dan beberapa desa lainnya.

Untuk ke desa tersebut kita juga perlu bantuan kepala desa dan warga di sana yang memiliki perahu, perahu dayung maupun perahu mesin untuk menuju desa-desa tersebut.

Melihat keadaan seperti itu membuat para relawan dari luar HSU turun ke HSU mengirimkan bantuan relawan dan logistik. Sejak Rabu (1/12/21) para relawan daerah lain sudah mulai merapat ke HSU.

Relawan dari Tabalong, Balangan, HST, HSS, Tapin, Banjar dan Relawan dari Katingan Kalteng dan relawan-relawan lainya.

Relawan gabungan Hulu Sungai Utara bersama relawan luar Kabupaten HSU turun langsung kelapangan bersama membagikan paket sembako kepada warga yang terkena dampak banjir dan banjirnya yang lebih parah.

BACA JUGA: Banjir Sudah Merendam 10 Kecamatan, HSU Masih Tetapkan Status Siaga

“Ini yang kita harapkan kebersamaan dan tersambungnya tali silaturahmi antar relawan lokal dan luar daerah, bersama membantu warga yang akhirnya terbentuknya kebersamaan. Ini yang tak ternilai harganya sehingga terjalin silatutahmi antar relawan,” papar Buya Yusuf.

Buya Yusuf selaku perwakilan Komunitas Amuntai Peduli Sesama (APS) dan Bunda Aqila selaku perwakilan Komunitas Gabungan Emergency (KGE), sekaligus koorlap relawan gabungan HSU, mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur.

“Para relawan gabungan HSU dan seluruh relawan dari luar Kabupaten HSU yang sudah membantu warga di HSU, kami tidak bisa membalas nya dengan apapun. Semoga Allah SWT membalasnya dengan sebaik-baiknya balasan, dan semoga Allah SWT memberkahi dan merahmati kita semuanya. Aamiin Yaa Rabbal’alamiin,” tutup mereka.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.