Banjir Rob Landa Banjarmasin, Balai Kota Terendam, di Kubah Basirih Ketinggian Air Sudah Sepaha Orang Dewasa

0

BANJIR rob akibat air sungai pasang melanda Kota Banjarmasin, Minggu (5/12/2021) malam. Hujan deras yang mengguyur ibukota Kalimantan Selatan ini membuat hampir beberapa wilayah diserbu air.

SEJUMLAH kawasan terpantau banjir itu hampir merata di lima kecamatan. Seperti di Kuin Selatan, Banjarmasin Barat, luapan air Sungai Kuin telah memasuki rumah warga, terutama di bantaran sungai.

Syahruwardi, warga Kuin Selatan menceritakan kondisi air yang telah merendam ruas Jalan Kuin Selatan hingga ke Simpang Anem, Minggu (6/12/2021) malam.

“Rumah saya hampir seluruhnya direndam banjir. Bahkan, jalan pun sudah tergenang, cukup tinggi kedalaman airnya,” ucap Syahruwardi, warga Kuin Selatan.

Bahkan, beberapa rumah penduduk di kawasan Alalak Tengah, Banjarmasin Utara pun turut diserbu. Celakanya, tak hanya yang berada di tepi Sungai Alalak, tapi juga rumah-rumah yang berada jauh dari daerah aliran sungai pun turut diserbu.

BACA : Antisipasi Darurat Bencana, Banjarmasin Alokasikan Dana Belanja Tak Terduga Rp 14 Miliar Lebih

Untuk di Banjarmasin, sedikitnya ada tujuh daerah aliran sungai (DAS). Yakni, Sungai Martapura, Sungai Barito, Sungai Kelayan, Sungai Jingah, Sungai Andai, Sungai Pekapuran, dan Sungai Lulut. Belum termasuk, kawasan Sungai Alalak yang berbatasan dengan Kabupaten Batola dan Sungai Kuin, mulai meluapkan air.

Warga Kayutangi, Faisal pun mengungkapkan saat ini ruas Jalan S Parman, Jalan Cemara Raya, Jalan Brigjen H Hasan Basry dan kawasan lainnya telah terendam banjir.

“Kondisi air terdalam itu terdapat di antara Indomart dan kampus Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Jalan Brigjen H Hasan Basry. Jadi, bagi yang melintas untuk hati-hati,” kata Faisal kepada jejakrekam.com, Minggu (5/12/2021) malam.

BACA JUGA : Atasi Banjir Jangka Panjang, Pakar Kota ULM Saran Banjarmasin Hidupkan Kembali Konsep Kanalisasi

Begitupula, di depan Indomart, Jalan Jafri Zamzam, Kelurahan Teluk Dalam juga dilanda banjir. Aliran air pun deras, karena luapan dari Sungai (Anjir) Mulawarman, ditambah tingginya curah hujan turut memperparah kondisi banjir di kawasan itu.

Kondisi halaman Balai Kota Banjarmasin, Jalan RE Martadinata diserbu banjir rob, Minggu (5/12/2021) malam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Fahruraji mengungkapkan berdasar hasil pantauan tim reaksi cepat dan relawan di lapangan, hampir seluruh kawasan di kota telah terendam banjir.“Bahkan, Balai Kota Banjarmasin di Jalan RE Martadinata juga turut terendam hingga malam ini,” kata Fahruraji.

Dia menyebut kawasan Banjarmasin Utara, Selatan dan Tengah, hingga Barat paling terdampak banjir akibat luapan air sungai serta tingginya curah hujan.

BACA JUGA : Sikapi Peringatan Banjir BMKG, Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Desak Pemkot Segera Bersiap

“Bahkan di kawasan Kubah Basirih, Jalan Keramat, Basirih air naik sudah setengah paha orang dewasa. Makanya, kami luncurkan perahu karet untuk mengevakuasi warga di sana, terutama anak-anak. Mereka sementara ditempatkan di kantor bekas Lurah Basirih,” kata Fahruraji.

Dia mengimbau warga untuk waspada dan ekstra hati-hati, terutama jangan sampai aliran listrik berada di tempat rendah yang mudah terendam.

“Saat ini, Banjarmasin memang sedang dilanda banjir rob. Apalagi, saat ini kita memasuki puncak musim penghujan. Jadi namanya musibah tidak terduga, dan perlu kewaspadaan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin/Faisal
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.