Potong Nasi Astakona, Puncak Harjad HSS ke-71, Bupati Fikry Beber Sejumlah Keberhasilan

0

PUNCAK peringatan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ke-71 dihelat di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Jumat (3/12/2021).

MENGUSUNG tema Banua Rakat Banua Babarkat, acara peringatan ini digelar di tengah pandemi Covid-19, tak mengurangi kesan meriah meski dengan undangan terbatas. Sebelum acara dimulai, dipersembahkan Tari Pilah Paring Sanggar Karamunting binaan Dinas Pendidikan Kabupaten HSS, dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Awal acara diisi dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Qori Saifurrahman dan saritilawah; Sofia Khaldatun Nikmah. Berikutnya, doa dibacakan H Ahmad Syairazi, Pimpinan Pondok Pesantren Dalam Pagar Kandangan.

Memasuki acara utama, Ketua DPRD Kabupaten HSS H Akhmad Fahmi mengurai sejarah atau riwayat singkat Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Dilanjutkan, penayangan video selayang pandang HSS.

“Saya memohon maaf, puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten HSS yang harusnya pada 2 Desember 2021 terpaksa diundur, karena kemarin ada acara di Banjarmasin bersama kepala daerah lain yang tak boleh diwakilkan,” ucap Bupati HSS H Achmad Fikry, memulai sambutan.

BACA : Dari Tahun ke Tahun, Didorong Inovasi, Sektor Pertanian Kabupaten HSS Terus Menggeliat

Sesuai tagline Harjad HSS ke-71;  Banua Rakat Banua Babarkat dijelaskan Bupati Fikry mengandung makna keberhasilan kinerja pembangunan daerah.

“Ini semua berkat pelaksanaan program yang terintegrasi pada semua sektor dan didukung oleh kerjasama seluruh pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembangunan. Hasilnya kini dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat,” papar Fikry.

Bupati HSS H Achmad Fikry bersama Wabup Syamsuri Arsyad mendampingi Wagub Kalsel H Muhidin di puncak Harjad HSS ke-71 di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Jumat (3/12/2021). (Foto Iwan Sanusi)

Dia menjelaskan orientasi Pemkab HSS tidak hanya pembangunan fisik semata, tapi juga pembangunan sumber daya manusia (SDM). Hal itu tetap menjadi fokus dan prioritas bersama.

“Saya juga menyampaikan permohonan maaf jika ada usulan pembangunan masyarakat yang masih belum terlaksana. Ini karena kondisi pandemi yang mengharuskan terjadinya refocusing anggaran untuk penanganan dan penanggulangan Covid-19,” urai Fikry.

BACA JUGA : Penuhi Janji Politik Bupati HSS, Program Samping Desa Terbukti Bantu Masyarakat Desa

Bupati HSS juga memaparkan dari tayangan selayang pandang telah dilihat keberhasilan yang telah diperoleh. Di antaranya penurunan angka kemiskinan, pengangguran terbuka yang semakin mengecil, opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk delapan kali.

Kemudian, nilai sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) semakin baik dengan predikat BB. Da,  terakhir mendapat Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) peringkat ketiga terbaik nasional tahun 2021.

“Berbagai inovasi juga telah berhasil mengantarkan Kabupaten HSS di tingkat nasional. Tentu berbagai keberhasilan yang dicapai pada tahun ini, merupakan kerja keras semuanya,” ungkap Bupati Fikry.

BACA JUGA : Berbagi Kebahagiaan Harjad ke-71, Pemkab HSS Tebar 10.200 Paket Makanan ke Masyarakat

Acara dirangkai dengan pemotongan nasi astakona oleh Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin, Bupati HSS HA Fikry dan Wabup Syamsuri Arsya ditemani para istri. Dilanjutkan pemotongan tumpeng serentak oleh SKPD dan kecamatan di tempat masing-masing dan disaksikan secara virtual.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan juara lomba desain logo dan tagline hari jadi oleh Bupati Fikry bersama Wabup Syamsuri Arsyad.

Dalam acara puncak itu juga diserahkan sertifikat kekayaan intelektual komunal dari Kabid Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Provinsi Kalsel berupa sertifikat untuk ketupat Kandangan, dodol Kandangan, lamang Kandangan dan kayu manis Loksado kepada Bupati HSS.

BACA JUGA : 3 Tahun Kepemimpinan Duet Achmad Fikry-Syamsuri Arsyad, Gairah Keagamaan Makin Meningkat

Sertifikat itu merupakan hak cipta untuk Kabupaten HSS dari Kemenkumham untuk beberapa produk unggulan khas daerah. Begitupula, di acara itu diberikan hadiah Hari Jadi Kabupaten HSS dari Pengasuh Ponpes Dalam Pagar Kandangan H Ahmad Syairzazi kepada Bupati HSS HA Fikry.

Wagub Kalsel H Muhidin berharap dengan peluncuran pariwisata andalan Loksado bisa menarik minat para wisatawan untuk datang ke Kabupatren HSS.

“Kalau potensi Loksado kita terus ekspose keluar daerah. Insya Allah, akan semakin menarik minat para pengunjung untuk datang ke Kalsel, khususnya ke HSS,” papar Muhidin.

Mantan Walikota Banjarmasin ini berdoa dengantagline Banua Rakat Banua Babarkat hal itu bukan saja dirasakan Kabupaten HSS yang tengah berulang tahun, tapi juga untuk masyarakat di HSS sendiri.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.