Banjarmasin Juara Umum Lomba Imtaq antar Pelajar SMA/SMK se-Kalsel

0

BIDANG Pemberdayaan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar lomba peningkatan iman dan taqwa (imtaq) antar pelajar SMA/SMK se-Kalsel di Hotel Rodhita Banjarmasin.

KEPALA Dispora Kalsel, Hermansyah menyebut ajang ini para pemuda di Kalimantan Selatan akan menambah kadar imtaq (iman dan taqwa) di kalangan pelajar.

“Dengan bekal iman dan taqwa yang kuat, diharapkan mereka menjadi generasi terbaik harapan bangsa,” ucap Hermansyah kepada jejakrekam.com , Jum’at (3/12/2021).

Menurut dia, dengan kegiatan ini diharapkan generasi muda khususnya para pelajar memiliki pengetahuan teknologi yang baik dan mereka juga kuat mental, beriman dan bertaqwa, sehingga menjadi generasi penerus yang bisa membanggakan bagi Kalimantan Selatan.

BACA : Mengulang Memori Banjarmasin di 1970, Martapura Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional ke-29

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kalsel, Yuyu Rahmat Mulyana menuturkan ada lima lomba yang diadakan dalam ajang tersebut.

“Lomba yang dipertandingkan adalah Syarhil Quran, Fahmil Quran, Tahfidz Juz Amma, Ceramah Agama Islam, dan Adzan Subuh,” urai Yuyu.

Kata Yuyu, peserta lomba ini adalah para pelajar dari berbagai penjuru Kalsel. “Ada pelajar SMA/SMK dari 13 kabupaten/kota yang berpartisipasi di ajang ini. Satu kabupaten/kota diwakili enam pelajar baik putra maupun putri dan satu pendamping,” jelas Yuyu.

BACA JUGA : Tiga Pelajar di Banjarmasin Raih Juara Lomba Baca Berita

Dewan hakim yang dihadirkan oleh Dispora Kalsel adalah dari BKPRMI Provinsi Kalsel, para qori-qori’ah dan akademisi agama Islam.

Kota Banjarmasin mengirimkan enam peserta yang berasal dari SMA Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Mereka mengikuti lima jenis lomba yaitu lomba Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Hapalan Juz Amma (Tahfizh Qur’an), Ceramah Agama Islam dan Adzan Subuh.

Untuk lomba Fahmil Qur’an yang diwakili oleh Muhammad Zaini, Muhammad Najmuddin, dan Arif Fatahillah Permana meraih Juara I. Lomba Hafalan Juz Amma (Tahfizh Qur’an) yang diwakili oleh Muhammad Najmuddin meraih juara II.

BACA JUGA : Kodim 1007/Banjarmasin Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bagi Kalangan Pelajar

Berikutnya, untuk Lomba Syarhil Qur’an yang diwakili oleh Muhammad Abdi Rahman, Muhammad Zaidan Zakki, dan Ahmad Bilal Syauqi meraih Juara II. Sedangkan, untuk lomba Adzan Subuh di wakili oleh Muhammad Zaidan Zakki meraih juara I (Satu), dan untuk Lomba Ceramah Agama Islam diwakili oleh Muhammad Abdi Rahman merebut juara II.

Serta yang tak kalah penting Kota Banjarmasin dinobatkan sebagai peraih Juara Umum pada pelaksanaan Lomba Imtaq tahun 2021 ini. Turut hadir sebagai pendamping Muhammad Abraar.(jejakrekam)

Penulis Rahm Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.