Ungkap Rasa Syukur, Angka Kemiskinan Turun Jelang Harjad Kabupaten Hulu Sungai Selatan ke-71

0

DI TENGAH pandemi Covid-19 melanda Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), saat ini ada hal yang harus disyukuri. Yakni, angka kemiskinan dirilis Badan Pusat Statistik (BPS).

BERDASAR data BPS, angka kemiskinan Kabupaten HSS kembali mengalami penurunan dari 5.17 menjadi 4.44. Ini artinya, angka kemiskinan tidak bertambah.

“Hal ini semua berkat pian sabaran (kalian semua) dan berkat kerja keras kita semua Kabupaten Hulu Sungai Selatan terjadi penurunan angka kemiskinan,” ungkap Bupati HSS Achmad Fikry, saat memberi sambutan pada syukuran dan shalat hajat menyambut Hari Jadi (Harjad) Kabupaten HSS ke-71 di Pendopo Bupati HSS, Kandangan, Selasa (30/11/2021).

Syukuran sekaligus doa bersama ini diawali dengan shalat Maghrib berjamaah diimami Ustadz Zaki Mubarak. Dilanjutkan lagi dengan shalat Hajat berjamah dipimpin H Asnawi.

Usai peribadatan itu, pembacaan surat Yasin dipimin H Jamhari Muhdin dan doa dibacakan Habib Abdussalam Al-Kaff. Untuk tausyiah diisi H Mukhyar Dahri membahas syukur akan nikmat, dan rangkaian diakhiri dengan shalat Isya berjamaah diimami Guru Eliansyah.

BACA : Jelang Harjad HSS ke-71, Disporapar Gelar Senam Sehat dan Sepeda Santai Berhadiah

Bupati Achmad Fikry didampingi Wabup HSS Syamsuri Arsyad mengucapkan terima kasih kepada para alim ulama dan guru-guru yang sudah dapat berhadir dalam acara syukuran itu. Walaupun, undangan terbatas karena menerapkan protokol kesehatan.

Bupati HSS H Achmad Fikry bersama tokoh agama HSS memperlihatkan lukisan kaligrafi yang dibeli bupati.(Foto Iwan Sanusi)

“Kami mengucapkan terima kasih dan terus mengharap doa kepada para alim ulama dan tokoh-tokoh masyarakat yang selama ini terus bersama kami. Para alim ulama dan tokoh masyarakat terus mengingatkan, memberikan saran dan masukan untuk kami untuk dapat terus mengabdi mewujudkan masyarakat yang cerdas, inovatif, teknologis dan agamis, menuju masyarakat yang sejahtera dunia dan akherat,” beber Bupati Fikry.

BACA JUGA : Lamang Kandangan nan Gurih, Penganan Khas HSS yang Wajib Dibeli Jadi Oleh-Oleh

Ia menjelaskan pelaksanaan syukuran dan shalat hajat merupakan rangkaian menyambut Hari Jadi Kabupaten HSS ke-71. Bahkan, kegiatan itu juga digelar serentak di 11 kecamatan.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini doa dan harapan terbaik bagi Kabupaten HSS yang kita panjatkan di sini dan di 11 kecamatan dikabulkan oleh Allah SWT,” ucap Bupati Fikry, menguntai doa.

Dalam kesempatan itu, Bupati Fikry juga memohon maaf kepada masyarakat HSS karena sebelum pandemi, banyak program daerah belum berjalan sesuai rencana.

BACA JUGA : Anggaran Pilkada 2024 Disiapkan Rp 50 Miliar, Komisi I DPRD Kalsel Monitoring KPU HSS

Hal ini karena Kabupaten HSS juga dilanda pandemi Corona berjalan hampir dua tahun. Kondisi itu, memaksa pemerintah daerah konsen untuk menuntaskan pandemi.

“Pandemi memang menguras energi dan juga pendanaan yang sangat besar, mudah-mudahan dengan doa kita bersama pandemi ini bisa berakhir,” papar Fikry.

Kegiatan syukuran dan shalat hajat juga dihadiri Sekretaris Daerah HSS H Muhammad Noor, para asisten serta pejabat di lingkungan Pemkab HSS, termasuk unsur Forkopimda dan tokoh masyarakat.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.