Husairi Abdi

Wings Air Mendarat Perdana Di Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh

0

MENDARAT perdana di Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh, Wings air akan melayani penerbangan Berjadwal Penumpang (Regular Flight) dengan pesawat ATR 72 Rute Banjarmasin – Muara Teweh – Banjarmasin – Balikpapan – Palangkaraya.

PENERBANGAN perdana ini juga mengumumkan telah meresmikan kota tujuan baru ke-141 serta rute baru dalam wilayah Pulau Kalimantan, Senin 29 November 2021.

Bupati Barut H Nadalsyah mengatakan, penerbangan perdana yang dinantikan sudah terlaksana. Ini juga merupakan angin segar bagi warga masyarakat yang ingin bepergian.

BACA: Penerbangan Diharapkan Berkontribusi Pada Pemerintah Daerah Dan Berkesinambungan

Dari Muara Teweh Banjarmasin dan Palangkaraya, selain itu juga Wings Aier melayani rute ke pulau Jawa dengan transit di Banjarmasin.

Penerbangan yang terjadwal selama tiga kali dalam seminggu, Senin, Rabu dan Jumat. Dalam penerbangan yang sudah ditentukan tidak ada pembatalan keberangkatan, karena ini pihak pemerintah daerah sudah berkontrak dengan manajemen Wings Air.

“Jadi kita berkontrak dengan blok site 40 orang, bila kurang dari itu kita yang membayar. Sesuai dengan kerja sama,” kata Nadalsyah.

Direktur Operasional wings air Capt Fitz Gerald saat dibandara H.Muhammad sidik mengatakan, Penerbangan perdana dari Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ) ke Bandar Udara Haji Muhammad Sidik, Trinsing, Teweh Selatan, Barito Utara, Kalimantan Tengah (HMS) pada hari ini (29/11/2021).

Menurutnya, Pesawat ATR 72 terbang perdana dengan nomor penerbangan IW-1398 lepas landas dari Bandar Udara Syamsuddin Noor pukul 11.40 WITA (Waktu Indonesia Tengah, GMT+ 08) dan mendarat di Bandar Udara Haji Muhammad Sidik pada pukul 11.50 WIB.

WATER SALUTE: Pendaratan perdana Wings Air di Bandar Udara Haji Muhammad Sidik , Muara Teweh disambut dengan upacara water salute, dan pilot pesawat beserta kru disambut langsung oleh Bupati Barito Utara H Nadalsyah, Senin (29/11/2021).

Dikatakannya, Pada jadwal penerbangan perdana ini, dilakukan tanda pendaratan dengan penyemprotan pada badan pesawat (water salute), tarian adat Dayak Pesisir dan Dayak Pedalaman serta disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Barito Utara H Nadalsyah, bersama perwakilan pemerintah daerah setempat.

Dilanjutkan prosesi doa bersama dan ‘tapung tawar’ bersama Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara, Hj Mery Rukaini. Turut disaksikan Kepala Bandar Udara Haji Muhammad Sidik; Endang Setiawan, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Utara; H Fery Kusmiadi. Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olaharaga Kabupaten Barito Utara; Hj Annisa Cahyawati, serta Direktur Operasi Wings Air; Capt Fitzgerald Juliaan.

Dikatakannya, Wings Air optimis ketersediaan rute penerbangan Wings Air akan mengakomodir kebutuhan calon penumpang, khususnya masyarakat di Kabupaten Barito Utara dan sekitarnya dalam rangka mendukung pemulihan perekonomian dan pariwisata di daerah ini.

Penerbangan perdana dari Bandar Udara Haji Muhammad Sidik menuju Bandar Udara Syamsuddin Noor dengan nomor penerbangan IW-1399. Pesawat lepas landas pada 12.10 WIB dan tiba sesuai jadwal di Bandar Udara Syamsudin Noor pukul 14.20 WITA.

BACA JUGA: Wings Air Batal Mengudara di Langit Barut

Bupati Barito Utara H Nadalsyah beserta jajaran turut serta dalam penerbangan perdana Wings Air Muara Teweh-Banjarmasin. Tanda diresmikan layanan penerbangan berjadwal dilakukan dengan water salute dan pengalungan bunga oleh General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Banjarmasin.

Menurutnya, Pada tahap awal, Wings Air akan melayani dengan frekuensi penerbangan 3 (tiga) kali dalam sepekan setiap Senin, Rabu dan Jumat. “Wings Air senantiasa melakukan evaluasi pasar, dan akan meningkatkan layanan penerbangan bila tren permintaan meningkat. Nantinya jadwal operasional penerbangan akan disesuaikan
dengan kebutuhan pasar,” katanya.

Adapun Tarif tiket spesial satu kali terbang one way di rute Banjarmasin ke Muara Teweh mulai dari Rp 517.500. Harga tiket satu kali perjalanan Muara Teweh-Banjarmasin mulai dari Rp 438.500.

Bagi calon penumpang khusus di wilayah Banjarmasin dapat membeli voucher RT-Rapid Test Antigen dengan harga terjangkau Rp 35.000 dan dapat membeli voucher RT-PCR Rp 225.000.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.