Zaskia Komitmen Giat Berlatih, FPTI Kalsel Siapkan Regenerasi Atlet Panjat Tebing

0

MERAIH medali emas di ajang Kejurnas Panjat Tebing Kelompok Umur XV-2021 di Aceh pada 18-25 November 2021, tak membuat Zaskia Al Zahra menjadi jumawa.

SAYA sangat senang bisa mempersembahkan medali emas bagi kontingen Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kalsel di ajang nasional. Ke depan, saya akan terus berlatih keras lagi,” ucap Zaskia Al Zahra kepada jejakrekam.com, saat dijemput Ketua Umum FPTI Kalsel HM Rosehan Noor Bachri di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Minggu (28/11/2021).

Siswi SMPN 2 Tanjung merebut emas di nomor Lead Youth C Putri di Kejurnas Panjat Tebing Aceh 2021. Hal ini membuat orangtuanya, Marni mengaku bangga.

Bahkan, selama di Aceh, Marni ikut bertolak guna mendampingi dan menyemati putrinya bertanding melawan lawan-lawan tanding dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Saya minta Zaskia terus berlatih. Terpenting adalah pendidikan juga tak boleh dilupakan, karena tugasnya adalah belajar sebagai pelajar,” kata Marni.

BACA : Raih Medali Emas di Kejurnas Panjat Tebing Aceh, Orangtua Zaskia Al Zahra Bangga

Begitu pula, Siti Nor Hemdi Salamah Syahputri mengatakan akan giat berlatih demi meraih prestasi. Sebagai pelajar di SMP di Kabupaten Tapin, Hemdi Salamah mengaku tetap fokus untuk belajar, di samping melatih kemampuan dalam olahraga panjat tebing.

Ketua Pembinaan Prestasi FPTI Kalsel, Mukriani mengakui raihan prestasi para atlet panjat tebing di even berskala nasional sangat luar biasa.

“Ini merupakan sejarah pertam bagi Kalsel di ajang Kejurnas Panjat Tebing. Apalagi, dengah raihan empat medali emas ditambah tujuh perunggu, Kalsel berada di posisi empat besar se-Indonesia di bawah Jawa Timur, Bali dan DKI Jakarta,” kata Mukriani yang juga pelatih panjat tebing ini.

BACA JUGA : Biaya Seadanya, FPTI Tabalong Berangkatkan 2 Atlet ke Kejurnas Panjat Tebing Aceh

Dengan fakta itu, Mukhriani mengatakan dalam dua tahun terakhir akan dianalisis potensi atlet-atlet di daerah. Sebab, terbukti dalam ajang nasional bisa membuktikan prestasinya.

“Pekerjaan rumah kita khsusunya di Pemprov Kalsel adalah menyiapkan atlet-atlet panjat tebing senior yang akan berlaga di PON 2024 di Aceh. Ini penting agar ada regenerasi senior ke junior. Sebab, para senior sudah tak mampu lagi,” ucap Mukriani.

BACA JUGA : Emas Terakhir Dipersembahkan Ferza, Kalsel Masuk 4 Besar Kejurnas Panjat Tebing Aceh

Harapannya, menurut Mukriani, semua komponen baik ketua provinsi hingga ketua kabupaten dan kota serta para atlet untuk saling dukung. Termasuk, pemerintah daerah juga melakukan percepatan pembinaan terhadap para atlet yang siap tanding.

“Sebab, usai dari Aceh, kita akan menghadapi even berikutnya yakni Kejurnas Panjat Tebing Kelompok Umur XVI di Maluku dan kejuaran untuk senior di DKI Jakarta pada 2022 mendatang,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.