Ribuan Benih Ikan Kakap Putih dan Rumput Laut Diserahkan untuk Warga Pesisir Tanbu

0

SEBANYAK 6.900 ekor benih ikan kakap putih beserta pakannya diserahkan jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Kalsel bersama anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi di sejumlah desa di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

ANGGOTA Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, dengan adanya bantuan yang diberikan Pemprov Kalsel kepada masyarakat untuk di budidayakan,  diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan sebagai bentuk pemulihan atas dampak pandemi COVID-19.

“Langkah yang dilaksanakan Pemprov Kalsel ini kami nilai sangat positif. Maka, disinilah hadirnya negara ketika warga nelayan di daerah pesisir baik katakanlah Tanbu dan Kotabaru sedang membutuhkan bantuan tentu dari inilah keberadaan pemerintah itu harus ada,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (27/11), usai penyerahan bantuan sarana dan prasarana budidaya perikanan Tahun Anggaran (TA) 2021, di Desa Pulau Burung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

BACA : Kunjungi Pesisir Kotabaru, Paman Yani Sosialisasikan Perda Rencana Zonasi Wilayah Dan Pulau-Pulau Kecil

Tak hanya pakan dan benih ikan, pihaknya juga memberikan ratusan kilogram (kg) rumput laut kepada kelompok pembudidaya di Pulau Burung yang masih satu kabupaten dengan Bumi Bersujud.

“Sebagai bagian dari dewan di provinsi tentu yang diharapkan adalah ekonomi kerakyatan kita kembali pulih, dan dengan adanya bantuan rumput laut ini kita menginginkan pengembangan budidaya di daerah pesisir yang potensial tersebut dapat di olah disini tinggal warga sekitar menjadi penyuplainya saja lagi. Sehingga, selain mampu memproduksi kita tidak usah lagi beli bibitnya di luar,” jelas Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar di DPRD Kalsel, M Yani Helmi.

Sebagai mitra kerja, ia pun juga mengapresiasi kegiatan ini hingga mau ikut terjun ke lapangan untuk melakukan pembagian bibit kakap putih dan rumput laut.

“Saya sebagai anggota DPRD Kalsel dari Komisi II selain menghargai pelaksaan ini juga fungsi kontrol pemerintah benar tidak ada bantuan bibit kakap dan pembagian rumput laut yang sesuai dengan anggaran yang telah disediakan Pemprov,” ungkap anggota dewan membidangi ekonomi dan keuangan di DPRD Kalsel yang akrab disapa Paman Yani itu.

BACA JUGA : Yani Helmi Satu-Satunya Anggota DPRD Yang Berkunjung Ke Kelumpang Selatan Kotabaru

Sementara itu, Kabid Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Dislautkan Kalsel, Wahdah menyebutkan, selain menyerahkan bibit kakap putih dan rumput laut, sebanyak 11 sak pakan ikan juga diberikan di sejumlah desa di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kalau dirincikan ada sekitar 500 kg rumput laut dan kami serahkan kepada kelompok pembudidaya di Desa Pulau Burung ini. Sedangkan bibit kakap yang jumlahnya juga mencapai enam ribu lebih beserta pakannya itu sudah diberikan di Desa Kersik Putih, Tanah Bumbu,” papar Wahdah.

Selain itu, Kepala Desa Pulau Burung, Saidina mengucapkan terima kasih atas bantuan serta apresiasinya dari Pemprov dan Komisi II DPRD Kalsel terhadap desa yang merupakan destinasi wisata andalan dari warga Kabupaten Tanah Bumbu.

“Semoga dengan adanya bantuan rumput laut yang diberikan kepada kami bisa berkembang dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini,” harapnya.

Untuk diketahui, warga yang tinggal di Desa Pulau Burung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu kini telah mencapai 98 kepala keluarga (KK) dari 300 jiwa dengan luas lahan 545 hektare. Selain ditumbuhi pohon mangrove, 200 hektarenya ditanami buah-buahan.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.