Pemkab Balangan Gelar Rakor Penyusunan SAKIP

0

PEMKAB Balangan mengadakan rapat koordinasi dalam rangka penyusunan Sistem AkuntabilitasKinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Entitas Pemda dan SKPD di lingkunganKabupaten Balangan, di Aula Benteng Tundakan, beberapa waktu lalu.

DIMANA pada tahun 2020 peringkat terbaik SAKIP SKPD diterima oleh Disnakertrans, Bappeda, Disperkim. Adapun untuk SKPD yang masih mendapat nilai CC pada tahun 2020 ada yaitu, Sekretariat DPRD, Badan Litbang, Kecamatan Batumandi, Kecamatan Tebing Tinggi, dan Kecamatan Awayan.

Bupati Balangan, Abdul Hadi menyampaikan terkait rapat koordinasi SAKIP ini, ia meminta untuk kepala SKPD agar tidak ada yang melakukan perjalanan keluar daerah, guna memfokuskan realisasi anggaran belanja akhir tahun untuk berada di posisi 80% ke atas.

Abdul Hadi menambahkan hal yang perlu dipahami oleh setiap instansi pemerintah dalam mewujudkan hal tersebut yaitu memastikan anggaran hanya digunakan untuk membiayai program kegiatan yang mendukung pembangunan, serta memastikan penghematan dan pemangkasan anggaran kegiatan yang tidak penting untuk kinerja.

Ia menyatakan keberhasilan SAKIP adalah hasil pembangunan yang bisa dimanfaatkan dan berdaya guna serta bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Terkait dengan SAKIP kemarin kita sudah melakukan perampingan dinas serta efisiensi, oleh karena itu kita sudah melakukan penghematan ketika melakukan perampingan dinas dan anggaran tersebut jangan sampai disusun untuk hal-hal yang tidak membawa hasil kepada masyarakat,”ujar dia.

Usai rakor SAKIP digelar, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan top 45 inovasi pelayanan publik terpuji KIPP tahun 2021.

Abdul Hadi turut menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pihak terkait khususnya di Bidang kesehatan dalam pelayanan dan dedikasi terbaiknya bagi masyarakat Balangan.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada DinasKesehatan dan Puskesmas Uren yang telah melakukan inovasi danterobosan-terobosan di bidang kesehatan untuk pelayanan,” tuturnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.