Luapan Lumpur Bekas Tambang Serbu Sawah dan Pemukiman Warga Desa Surian Hanyar

0

AKTIVITAS tambang batubara di Kecamatan Mataraman dan Cintapuri Darussalam, Kabupaten Banjar diduga menyebabkan sejumlah desa merasakan dampaknya.

DARI laporan warga Desa Surian Hanyar, Kecamatan Cintapuri, Kabupaten Banjar diterima Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono.

Dalam laporan itu, warga mengeluhkan luapan lumpur diduga dari bekas tambang batubara menyerbu pemukiman warga, akibat didorong tingginya curah hujan. Kejadian itu direkam warga dengan video pendek yang menggambarkan kondisi terkini dampak dari luapan lumpur tambang batubara.

“Sawah dan bendungan penuh lumpur. Ini belum lagi jalan pun rusak parah akibat lalu Lalang truk-truk tambang batubara,” ucap Kisworo Dwi Cahyono kepada jejakrekam.com, Kamis (25/11/2021).

BACA : Aktivitas Tambang Batubara Liar Ancam Keberadaan Situs Bersejarah Benteng Madang

Menurut Kisworo, Pemkab Banjar maupun Pemprov Kalsel harus segera merespon keluhan warga. Apalagi, luapan lumpur itu sudah menyerbu pemukiman warga desa setempat.

“Memang banyak desa yang terdampak terutama di Kecamatnan Mataraman dan Cintapuri Darussalam. Namun, Desa Surian Hanyar yang paling parah merasakan dampaknya,” tutur Kisworo.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Banjar Irwan Kumar mengakui belum menerima laporan dari warga desa di dua kecamatan yang terdampak aktivitas tambang batubara dengan adanya luapan lumpur itu.

BACA JUGA : Petani di Kabupaten Banjar Mulai Panen Padi Jenis Gogo

“Untuk warga yang terdampak aktivitas pertambangan di dua kecamatan itu, segera lapor ke para camat. Nantinya, camat yang akan menyampaikan ke instansi berwenang untuk ditindaklanjuti,” kata Irwan Kumar.

Saat ini, menurut dia, kewenangan dalam pengelolaan pertambangan ditangani pihak Pemprov Kalsel, bukan lagi berada di tangan Pemkab Banjar.

“Jadi, ketika warga melapor ke camat, maka keluhan warga desa bisa diteruskan ke instansi berwenang di Pemprov Kalsel,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.