Bappenas RI Minta Bendungan Sungai Kusan Segera Dibangun

0

BUPATI Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar melakukan kunjungan kerja ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI di Jakarta, Rabu (24/11/2021).

TUJUANNYA tidak lain berjuang pembangunan Bendungan Sungai Kusan di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, dan pihak Kementrian (Bappenas) RI merespon atas rencana tersebut.

Berdasarkan data yang dipaparkan, sangat banyak potensi yang akan berguna. Diantaranya mengatasi permasalahan banjir, kebutuhan air bersih, maupun potensi irigasinya, sehingga rencana ini diharapkan untuk segera terwujud.

BACA: Tanah Bumbu Sudah Siap Percepatan Pembangunan Bendungan Kusan

“Ini sepertinya cukup prospek ya, memang harus segera ditangani,” kata Direktur Pengairan dan Irigasi Bappenas RI, Abdul Malik usai menerima kunjungan kerja romobongan Pemkab Tanbu di Kantor Bappenas RI.

Masih menurut Abdul Malik, terkait usulan bendungan Sungai Kusan di Tanah Bumbu pihaknya sangat mendukung, namun harus dirembukkan lebih lanjut bersama Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

“Tentu karena ini masalah teknis juga, kita harus adakan rapat lanjutan dengan Kementerian PUPR yang menyelesaikan masalah maupun mengelola sumber daya air. Maka itu, nanti kami akan berkordinasi lebih lanjut,” katanya.

Lanjutnya prosedur pembangunan bendungan ini, itu sudah ada regulasinya, di Kementerian PUPR. Tentu langkah kedepan pihaknya akan melakukan koordinasi.

Dalam hal terkait kesiapan project, masalah teknis tentu akan dibahas, karena membangun bendungan tersebut sebelumnya sudah ada dialog dengan sertifikasi desain izin konstruksi, dan masalah lingkungan.

BACA JUGA: Kementerian PUPR Setujui Proyek Bendungan Sungai Kusan yang Digagas Mardani H Maming

Abdul Malik mengakui bendungan Sungai Kusan sudah mengantongi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) yang lama. Namun harus tetap merumuskan rencana mitigasi kemungkinan masalah sosial, termasuk rencana pembebasan lahan.

“Bendungan Kusan membutuhkan anggaran yang cukup besar, oleh karenanya melihat persiapan dan mengurus diskresi, kita selalu coba siapkan apabila tanahnya clean and clear,” ujarnya.

Sementara itu, kunker ini turut dihadiri Sekda Tanbu, DR H Ambo Sakka bersama Kepala Bappeda Tanbu, Andi Anwar Sadat serta salah satu Anggota DPRD Tanbu, H Hasanuddin.(jejakrekam)

Penulis Diskominfo Tanbu
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.