Peran Startegis Medco Energi Dari Pendidikan Hingga Kelistrikan

0

MIMPI siswa lulusan sekolah dasar di Desa Karendan kini terwujud sudah. Salah satunya Tika yang dapat melanjutkan ke sekolah lanjutan pertama, yang baru selesai didirikan Medco Energi Bangkanai Ltd beberapa waktu lalu.

SETELAH menamatkan sekolah dasar di desanya, Tika kini bisa melanjutkan pendidikan ke SMP Bangkanai yang kini ada di Desa Karendan. “Terima kasih Medco dan Pemerintah Daerah, kami bisa sekolah di kampung kami sendiri,” ujar Tika dan rekan-rekannya.

Sebelumnya, Desa Karendan terletak sangat jauh dari lokasi SMP Negeri 1 Lahei di Kecamatan Lahei. Untuk bersekolah ke sana, memakan waktu bejam-jam menelusuri jalan tanah dan hutan belantara.

BACA: Dibangun Medco Energi, SMP Bangkanai Masih Kekurangan Guru Mata Pelajaran

“Itupun bila dalam kondisi jalan tidak becek setelah ditimpa hujan,” ujar Lead Public Affair MedcoEnergi Muhammad Idrus, Selasa (23/11/2021).

Akibat dari jauhnya jarak tempuh, maka anak-anak Desa Karendan dan beberapa desa lain sekitar Karendan, harus putus sekolah. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Desa Karendan Paldi.

“Selama ini, sebelumnya banyak siswa tamatan SD di sini tidak dapat meneruskan sekolah, karena lokasi sekolah di kabupaten atau kecamatan yang jauh dan butuh biaya. Padahal di sini warga kehidupan ekonominya masih di bawah rata-rata,” ujar Paldi.

Kini, Desa Karendan memiliki gedung SMP sendiri berkat program Pengembangan Masyarakat atau CSR Medco Energi. Program ini diwujudkan dengan membangun SMP Bangkanai, yang dilakukan secara bertahap sejak 2019.

“Program ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan guna memberikan kontribusinya di dunia pendidikan,” ujarnya.

SEKOLAH BARU: SMP Bangkanai membutuhkan tenaga pengajar untuk dapat memberikan bimbingan pendidikan masyarakat Desa Karendan melalui sekolah baru ini.

Sekretaris Desa Paldi berterima kasih kepada MedcoEnergi terkait kontribusi di bidang pendidikan. Dia juga meminta dukungan dari Pemkab Bangkanai, khususnya pengadaaan tenaga guru.

“Dengan keterbatasannya saat ini, kami mohon dukungan juga dari Pemerintah Daerah,” ujarnya. Sementara Kepala SMP Bangkanai Marindu mengatakan mulai membuka tahun ajaran 2021/2022 yang dibuka Juli dan mulai proses belajar pada September 2021.

Keberadaan MedcoEnergi tidak hanya pada program CSR atau pengembangan masyarakat di berbagai bidang saja. Namun keberadaan perusahaan energi swasta nasional ini di Barito Utara memiliki posisi strategis sebagai produsen gas.

Pasalnya, gas yang diproduksi menjadi bahan baku bagi Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bangkanai milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

BACA JUGA: Medco Energi Bangkanai Serahkan Bantuan Masker Ke Polres Barito Utara

Medco Energi menjadi satu satunya produsen gas di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah yang telah mengembangkan dan mengoperasikan Fasilitas Pemrosesan Gas Karendan (KGPF) sejak 2016.

Gas Produksi KGPF langsung di serap oleh PLTMG Bangkanai untuk mengoperasikan generator bagi distribusi listrik. Tenaga listrik yang dihasilkan PLTMG Bangkanai sebesar 155 MW dialirkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di empat kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah Barito Utara, Barito Timur, Barito Selatan, dan Murung Raya dan terhubung hingga Kota Palangkaraya – Sampit, serta 1 kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Kabupaten Tabalong.

Menurut VP Relation & Security Arif Rinaldi, MedcoEnergi dalam operasinya selalu berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sekitar operasi.

“Selain itu, dengan begitu strategisnya keberadaan MedcoEnergi di Barito Utara ini, kami membutuhkan dukungan dari semua pihak agar dapat terus beroperasi dengan aman dan lancar,” ujar Arif.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.