Husairi Abdi

Direkomendasi Gubernur, Akhirnya 27 SKPD di Pemkab Banjar Disetujui DPRD

0

TELAN waktu berbulan-bulan untuk menggodoknya, akhirnya DPRD Kabupaten Banjar menyetujui usulan dari pemerintah kabupaten (pemkab) untuk 27 satuan perangkat kerja daerah (SKPD).

AWALNYA sempat terjadi tarik ulur antara DPRD Banjar melalui Panitia Khusus (Pansus) Raperda Satuan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) menginginkan agar terjadi perampingan di tubuh Pemkab Banjar.

DPRD Banjar menghendaki hanya ada 23 SKPD, sehingga beberapa dinas atau badan serumpun harus difusikan. Seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) digabung dengan Badan Kepegawaian Daerah Sumber Daya Manusia (BKDSDM) Banjar.

Sedangkan, Pemkab Banjar menghendaki tetap diputuskan pada 26 SKPD berdasar pada kebutuhan daerah. Sementara, untuk Satpol PP dan Damkar dipisah sesuai amanat Mendagri Tito Karnavian.

BACA : Didesak Bupati Saidi Mansyur, DPRD Banjar Ngotot Tetap 23 SKPD Saja

Ternyata arah angin berubah. Dalam paripurna DPRD Banjar di Martapura, Rabu (24/11/2021), disepakati total SKPD di Pemkab Banjar sebanyak 27 dinas/badan.

Ini menyusul perda SOTK Pemkab Banjar ini juga telah disetujui dengan terbitnya rekomendasi dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang menetapkan ada 27 SKPD.

Ketua DPRD Banjar Muhammad Rofiqi pun memastikan tidak akan mundur dengan usulan adanya perampingan atau penggabungan beberapa dinas atau badan yang serumpun demi efesiensi anggaran daerah dan efektivitas kinerja pemerintahan daerah.

“Penyederhaaan SKPD di lingkungan Pemkab Banjar ini tujuan jelas untuk lebih efektif dan efisien,” ucap legislator Gerindra ini.

BACA JUGA : Satpol PP dan Damkar Dipisah, Tarik Ulur Antara 24 dan 26 OPD di Pemkab Banjar

Sementara itu, dalam rapat paripurna DPRD Banjar, Rabu (24/11/2021), Wakil Ketua DPRD Banjar Agus Maulana dari Fraksi Golkar menyetujui perda SOTK Pemkab Banjar masuk dalam lembaran daerah.

Ini menyusul terbitnya rekomendasi dari Pemprov Kalsel yang mengkaji item-item dalam raperda godokan DPRD bersama pemerintah daerah. Hasilnya, ada 27 SKPD di lingkungan Pemkab Banjar. Teranyar adalah Dinas Pemadam Kebakaran dipisah dari Satpol PP Kabupaten Banjar.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.