Diperiksa 3 Jam, Kepala Dinkes Banjarmasin Machli Riyadi Dicecar 6 Pertanyaan

0

KEPALA Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Banjarmasin Machli Riyadi menjalani pemeriksaan perdana di Kejaksanaan Negeri Banjarmasin, Jalan Brigjen Hasan Basry, Kayutangi, Rabu (24/11/2021).

USAI pemeriksaan selama tiga jam, Machli mengatakan kehadiran dirinya menghadap ke tim jaksa penyelidik Kejari Banjarmasin.

Machli memenuhi panggilan dari pihak jaksa, terkait dugaan pungutan liar (pungli) dalam iuran wajib peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57. Usai sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana HKN ke-57, Yanuardiansyah dan Direktur RSUD Sultan Suriansyah Muhammad Syaukani 

“Semuanya masih berposes, tadi dicecar sekitar enam pertanyaan,” ucap mantan Wakil Direktur RSUD Ulin Banjarmasin ini kepada awak media.

Menurut Machki, untuk materi pemeriksaan silakan ditanyakan langsung ke pihak Kajari Banjarmasin. “Silahkan tanyakan kepada pihak kejari, saya kira ini kewenangan mereka,” ucapnya.

BACA : Banyak Fakta Terungkap Di Pemeriksaan Ketua Panitia HKN Dan Direktur RSUD Sultan Suriansyah

Sementara itu, Kepala Kejari Banjarmasin, Tjakra Suyana Eka Putra melalui Kasi Intelijen, Ahmad Budi Mukhlish, mengatakan pemeriksaan Machli untuk memperjelas pemeriksaan sebelumnya, apakah ada peristiwa pidana korupsi atau tidak dalam iuran wajib peringatan HKN ke-57.

BACA JUGA : Ribut-Ribut Soal Iuran HKN ke-57, Ini Jawaban dari Kadinkes Banjarmasin

Saat dikorek keterangannya, Budi menyebut Machli Riyadi dicecar pertanyaan seputar anggaran kegiatan tersebut. Ini karena dari temuan, ternyata anggaran kegiatan tersebut sudah ada dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) di Bakeuda Kota Banjarmasin.

“Selain itu juga terkait tentang pungutan iuran tersebut dan juga beberapa hal lain. Secara materi tidak bisa kita sampaikan terlalu mendalam karena masih dalam tahap penyelidikan,” ungkap Budi.

BACA JUGA : Terkait Pungutan HKN 2021, Kadinkes Banjarmasin Diperiksa Kejari Banjarmasin

Mantan Kasi Pidana Umum Kejari Banjarbaru ini memastikan ke depan, tim jaksa akan memangil beberapa pihak lagi. Mereka akan dimintai keterangan, sesuai dengan yang telah diagendakan di Kejari Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.