Husairi Abdi

Balangan Coal Kucurkan CSR Rp 288 Juta untuk Pengembangan Usaha Ayam Broiler

0

UNTUK meningkatkan perbaikan perekonomian, khususnya bagi kelompok tani yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan, Balangan Coal bagian dari  PT Adaro Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) nya memberikan bantuan pembuatan dua buah kandang ayam broiler.

PROGRAM pengembangan dan pemberdayaan masyarakat melalui program CSR berupa bantuan biaya pembuatan kandang ayam broiler sebesar Rp 288 juta ini, salah satunya diberikan kepada kelompok tani Sanggam Mandiri di Kecamatan Juai Kabupaten Balangan.

Heriansyah Rusli CSR Supervisor Balangan Coal menyampaikan, bantuan pembuatan kandang ayam bagi kelompok tani ini bagian dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang menjadi pilar utama program CSR.

Program PPM tersebut, kata Heriansyah, tidak terlepas dari peran serta pihak perusahaan untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar tambang, terlebih di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung seperti saat ini.

“Dengan adanya program PPM ini diharapkan kedepan masyarakat bisa mandiri secara ekonomi dan terciptanya Kesejahteraan yang merata,” harapnya.

Harapan tersebut, menurut Heriansyah, sesuai dengan program “Adaro Nyalakan Sejahtera” yang dijalankan di kabupaten Tabalong dan Balangan dengan tujuan mendorong masyarakat sekitar wilayah operasional agar menjadi masyarakat yang mandiri, cerdas dan sejahtera dalam lingkungan yang lestari.

Selain itu, lanjut dia, program pembinaan dan pemberdayaan kelompok tani yang yang dilaksanakan ini juga menjadi gambaran bagaimana hubungan  jalinan yang baik dan bermanfaat antara perusahaan dan masyarakat sekitar perusahaan yang berjalan dengan baik.

“Kami juga terus berkomitmen, kedepannya keberadaan perusahaan dapat terus bermanfaat bagi masyarakat bukan hanya pada satu kelompok, tetapi  kelompok-kelompok di bidang perekonomian lainnya yang ada di sekitar wilayah operasional perusahaan,” janjinya.

Senada itu, Sekretaris Kelompok Tani Sanggam Mandiri Ahmad Yani menyampaikan, apresiasinya atas kepedulian perusahaan dalam membantu menciptakan peluang ekonomi demi mewujudkan kemandirian masyarakat secara ekonomi.

“Kami tentu akan semaksimal mungkin memanfaatkan bantuan ini, sehingga dapat berjalan serta berkelanjutan dan bermanfaat luas bagi Kelompok peternak maupun masyarakat sekitar kami,” ucapnya.

Sekedar diketahui, kelompok tani Sanggam Mandiri sendiri merupakan kelompok tani yang beranggotakan sebanyak 34 orang anggota yang berasal dari beberapa desa di sekitar wilayah operasional Balangan Coal.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.