Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Siapkan Duta Baca

0

DINAS Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan mengadakan pemilihan Duta Bacatingkat SLTP/sederajat se-Kabupaten Balangan.Sekaligus serahkan penghargaan kepada pemenang lombaresensi buku kategori umum dan pelajar melalui kegiatan gemar membaca yangdiikuti dari 11 sekolah, di Aula Inspektorat Balangan, belum lama tadi.

PENGHARGAAN diserahkan langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan H. Tamrin, perwakilan dari Bank Kalsel Cabang Paringin, serta dari ketua pelaksana kegiatan gerakan gemar membaca.

H Tamrin menyampaikan tahapan para peserta yang sudah dilalui mulai dari membuat kelompok minat baca di sekolah, membuat resensi buku, dan melakukan kemampuan berbicara didepan umum.

Tentunya dengan tahapan tersebut menunjukan bahwa kualitas dari siswa dan siswi di Kabupaten Balangan sangat luar biasa antusiasnya dalam mengikuti kegiatan gemar membaca.

“Ke depan terus mengembangkan potensi-potensi yang ada pada diri mereka, karena pemenang itu ditentukan pada besok dan masa yang akan datang,” ujarnya.

Diakhir H. Tamrin mengatakan agar duta baca yang sudah dinobatkan ini bisa menjadi motivasi kepada para pelajar lainnya sebagai inspirasi yang bisa ditiru.

Salah seorang peserta didik SMP Negeri 4 Paringin, atas nama Lisda berhasil dinobatkan sebagai juara 1 Duta Baca Pelajar tingkat SMPse-Kabupaten Balangan.

Lisda mengakui dirinya sangat tidak menyangka bisa menjadi pemenang duta baca tahun 2021. Dimana pada penetapan duta baca tersebut para peserta harus melalui berbagai tahapan salah satunya kemampuan dalam berbicara dihadapan umum.

Oleh karenanya Lisda pun berusaha untuk mencoba berbicara dengan diri sendiri dan memberikan semangat serta percaya diri guna mengatasi rasa gugup saat tampil dihadapan orang banyak.

“Bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan bisa membahagiakan orang tua di masa depan dan bisa menjadi duta baca yang lebih baik dari yang terbaik hingga tingkat internasional,” harap Lisda.

Pada kesempatan tersebut, berdasarkan keputusan dewan juri, juga dinobatkan duta baca siswa juara 1 kepada M. Sarpani, juara 2 M.Habibi dan juara 3 M. Saufi.

Sedangkan duta baca siswi juga dinobatkan kepada juara 1 atas nama Lisda, juara 2 Zahra, dan juara 3 Siti Nor Aisyah.Adapun untuk pemenang lomba membuat resensi buku tingkat pelajar diraih atas nama Aisyah sebagai juara 1, Zahra juara 2 dan M. Saufijuara 3.Dan terakhir pemenang lomba membuat resensi buku tingkat umum didapat oleh Amir sebagai juara 1, Nor Hikmah juara 2 dan Hidayatul Fikrijuara 3.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.