Riswandi Optimis Pasca Pandemi Ekonomi Kalsel Kembali Berjaya

0

KETUA Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gelora Indonesia Kalimantan Selatan (Kalsel), H Riswandi, optimistis perekonomian provinsinya bangkit kembali dan berjaya pascapandemi COVID-19.

KEYAKINAN mantan Wakil Ketua DPRD Kalsel itu cukup beralasan. Antara lain, kegiatan masyarakat diprovinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota ini mulai menggeliat kembali seiring penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Contoh lain, potensi-potensi perekonomian Kalsel, seperti pertanian tanaman pangan, perkebunan dan perikanan selama pandemi COVID-19 belum tergarap maksimal, baik untuk pendapatan daerah maupun masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan mereka.

BACA : Pertai Gelora Berupaya Agar Indonesia Bisa Masuk Lima Besar Dunia

Begitu pula, industri rumah tangga  juga sebagai sumber ekonomi kerakyatan belum tumbuh dan berkembang maksimal selama masa pandemi COVID-19. Padahal sumber daya itu cukup potensial di Kalsel.

“Apalagi jika pandemi COVID-19 sudah tidak ada lagi diprovinsi berpenduduk lebih 4 juta jiwa ini maka aktivitas perekonomian Banua akan semakin bergerak maju,” ujarnya kepada awak media di Banjsrmasin, Rabu (17/11/2021).

Karena itu menurut dia, untuk mempercepat berlalu pandemi COVID-19 di Kalsel, selain terus melakukan vaksinasi secara lebih maksimal lagi, juga warga masyarakat sendiri harus sadar patuh terhadap protokol kesehatan (Prokes).

“Bila kita lalai terhadap Prokes, dan vaksinasi COVID-19 kurang dilakukan secara masif, maka tidak mustahil kasus wabah virus yang membahayakan dan mengancam jiwa manusia itu bila kembali lagi,” sebutnya.

Dari itu, pemerintah baik tingkat pusat maupun provinsi dan kabupaten/kota harus betul-betul berkoordinasi serta bergandengan tangan dengan masyarakat dalam mencegah penularan COVID-19 tersebut.

Begitu pula dalam penanganan penanggulangan tanpa kebersamaan atau kegotongroyongan semua pihak, termasuk partai politik (Parpol) dan organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) kemungkinan sulit terlaksana dengan tuntas.(jejakrekam)

Penulis Ipik G
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.