Jelang Musorprov 2021, BHP-Paman Birin dan Rosehan Bakal Bertarung Rebutkan Ketua KONI Kalsel

0

PERIODE kepemimpinan Bambang Heri Purnama (BHP) di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Selatan akan segera berakhir.

JELANG Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Kalimantan Selatan tahun 2021 ini, sejumlah nama bakal calon Ketua KONI Kalsel mulai mengemuka.

Untuk diketahui, BHP terpilih dalam Musorprov Kalsel pada pertengahan April 2017 lalu di Banjarmasin. BHP yang merupakan anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Golkar, telah memimpin KONI Kalsel pada periode 2017-2021.

Menariknya jelang Musorprov Kalsel tahun 2021 ini, BHP dikabarkan bakal tetap maju dalam even akbar pemilihan pimpinan induk seluruh organisasi cabang olahraga (cabor) prestasi itu.

Di samping BHP, nama Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pun yang kini memegang jabatan ketua umum beberapa cabor seperti Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI), Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) serta cabor lainnya, turut pula masuk bursa kandidat.

BACA : Telah Resmi Dilantik, KONI Kalsel Dukung Kepengurusan Esports Tingkat Provinsi

Ketua Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kalimantan Selatan HM Rosehan Noor Bachri pun mengakui dirinya termasuk dalam daftar bakal calon ketua. Ini setelah, Rosehan mendapat formulir pendaftaran bakal calon ketua dari Panitia Musoprov Kalsel.

“Ya, saya dapat formulir yang harus diisi jika ingin mencalonkan diri sebagai Ketua KONI Kalsel periode 2022-2027,” kata Rosehan kepada jejakrekam.com, Rabu (17/11/2021).

Menurut dia, jika nanti BHP dan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang juga membawahi beberapa cabor maju bertarung di ajang Musorprov Kalsel 2021, maka sedikitnya ada tiga nama. Yakni, Rosehan Noor Bachri sendiri bersama petahana, BHP dan Paman Birin-sapaan akrab Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

BACA JUGA : PON Papua 2021, Kalsel Siapkan Anggaran Rp 17 Miliar

“Jujur saja, kalau misalkan Paman Birin yang maju sebagai calon Ketua KONI Kalsel di Musoprov Kalsel, tentu bisa saja saya mempertimbangkan diri untuk mundur,” ucap mantan Wagub Kalsel.

Mengapa? Menurut Rosehan, tentu sosok Gubernur Kalsel yang membawahi organisasi induk cabor-cabor prestasi sangat penting, terutama dalam pembinaan para atlet berprestasi untuk berlaga di kancah nasional maupun internasional.

“Namun, jika ada beberapa cabor yang menghendaki saya maju, bismillah saya bisa maju. Kabarnya, Pak BHP juga akan maju kembali. Ini berarti, ada tiga nama bakal calon, tapi juga juga lebih dari itu,” kata Rosehan.

BACA JUGA : Bina 42 Cabor, KONI Banjarmasin Target Pertahankan Juara Umum Porprov Kalsel 2022

Hingga kini, mantan Ketua Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) dan Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia (Pabbsi) Kalsel mengungkapkan memang baru tiga nama yang mulai mencuat ke permukaan.

“Semakin banyak bakal calon Ketua KONI Kalsel justru makin bagus untuk perkembangan dunia olahraga di Banua. Sebab, seluruh cabor yang dinaungi KONI Kalsel, tentu punya hak suara yang sama,” pungkas Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalsel dari Fraksi PDIP Perjuangan ini.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.