Dihadiri Ribuan Jamaah, Malam Ini Digelar Peringatan 100 Hari Wafatnya Guru Kapuh

0

PERINGATAN 100 hari wafatnya ulama berpengaruh di Hulu Sungai Selatan (HSS) Tuan Guru Haji Muhammad Ridwan Baseri atau akrab disapa Guru Kapuh diprediksi bakal dihadiri ribuan jamaah.

TRADISI Manyaratus Hari ini akan digelr pada Kamis (18/11/2021) malam atau malam Jumat di Desa Kapuh, Kecamatan Simpur, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Selama hidupnya, Guru Kapuh merupakan salah satu ulama kharismatik di Kalimantan Selatan. Almarhuum juga pernah menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten HSS, pimpinan, pengasuh serta pengajar di Majelis Ta’lim Al Hidayah, Ponpes Minhajul Abidin, Ponpes Ibnu Athaillah dan Ponpes Al Baladul Amin Kandangan.

Ketua Pelaksana dan Penanggungjawab Peringatan 100 Hari Wafatnya Guru Kapuh, H Sukeran mengatakan persiapan untuk tradisi manyaratus hari sudah dilakukan beberapa pekan terakhir.

“Persiapan untuk mencakup di lokasi, parker, konsumsi hingga mobil toilet yang melayani para jamaah yang hadir,” ucap H Sukeran kepada awak media di Kandangan, Kamis (18/11/2021).

BACA : Ziarah ke Makam Guru Kapuh, UAS Disambut Hangat Masyarakat HSS

Ia menyebut saat ini sudah ada 790 relawan yang siap membantu dalam kegiatan  serta pengamanan dari Polres HSS menerjunkan 130 personel, ditambah personel TNI dan Satpol PP Pemkab HSS.

“Untuk peringatan 100 hari wafatnya Guru Kapuh, kami tidak membatasi jamaah yang datang. Asalkan, mereka menaati protokol kesehatan (prokes) Covid-19,” tegas Sukeran.

Demi memenuhi konsumsi jamaah dan tamu, Sukeran menyebut sudah disiapkan sebanyak 20 ribu bungkus nasi. Para jamaah diperkirakan akan memenuhi pendopo makam Guru Kapuh dan sekitarnya.

BACA JUGA : Guru Kapuh Wafat, Pj Gubernur Kalsel: Kita Gelar Shalat Ghaib

Aris Yamin, jamaah asal Banjarmasin mengaku sudah datang jauh-jauh hari ke Desa Kapuh, Kecamatan Simpur untuk menghadiri tradisi manyaratus hari Guru Kapuh.

“Saya tak ingin ketinggalan momen peringatan 100 hari wafatya Guru Kapuh. Sosok almarhum merupakan ulama yang panutan,” katanya.

Aris bercerita selama hidup Guru Kapuh, sering mengikuti pengajian baik secara langsung maupun melalui video streaming.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.