PT PIS Salurkan Dana CSR-PPM Rp 404,5 Juta Untuk Tiga Desa

0

SEBAGAI wujud kepedulian dan komitmen perusahaan untuk tumbuh bersama masyarakat sekitar wilayah operasi, PT Permata Indah Sinergi (PT PIS) melaksanakan serah terima bantuan dana Corporate Social Responsibility.

DANA yang diserahkan untuk Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (CSR-PPM) Tahun 2021, kepada masyarakat Desa Benao Hulu, Desa Benao Hilir, dan Desa Teluk Malewai, Kecamatan Lahei Barat, Selasa (16/11/2021).

Dalam serah terima di desa ring 1 tersebut, perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan batubara ini mengundang unsur Muspika Lahei Barat, Kepala Desa dan BPD, Lembaga Adat, Kepala Sekolah dan Guru, serta siswa berprestasi perwakilan dari masing-masing sekolah.

Project Manager PT PIS, Yulianus Rombe melalui External Relations, Budi Baik Siregar mengatakan, total dana CSR-PPM yang diserahterimakan sebesar Rp 404.500.000. Diantaranya Desa Benao Hulu Rp 135.000.000, Desa Benao Hilir Rp 135.000.000, dan Desa Teluk Malewai Rp. 134.500.000.

Untuk Desa Benao Hulu anggaran yang diserahkan untuk Beasiswa Siswa Berprestasi, pengadaan AC dan karpet masjid, pengadaan kendaraan roda tiga. Kemudian Desa Benao Hilir, Beasiswa untuk siswa berprestasi, pengadaan tanah untuk Kantor BPD, dan pengadaan tanah untuk TPS, serta untuk rehab WC MIS Muhammadiyah.

BACA: Dibangun Medco Energi, SMP Bangkanai Masih Kekurangan Guru Mata Pelajaran

Sementara untuk Desa Teluk Malewai, beasiswa juga untuk siswa berprestasi, seperangkat sound system dan pengadaan tanah desa.

Menurutnya, Alokasi dana terbesar dari dana CSR PT Permata Indah Sinergi Tahun 2021 ini adalah beasiswa untuk siswa berprestasi, yaitu sebesar Rp 128 juta atau 32 persen. Beasiswa ini diberikan kepada 128 orang siswa SD, MIS, SMP, dan SMA dari tiga desa atau masing-masing siswa Rp 1 juta dalam bentuk tabungan.

Dalam realisasinya, program CSR-PPM Beasiswa PIS Peduli ini, PT PIS bekerjasama dengan kantor cabang pembantu PT Bank Mandiri Muara Teweh.

“Dengan memiliki Buku Tabunganku, para siswa diperkenalkan dengan dunia perbankan sejak dini, sehingga kelak dapat meraih manfaat dari produk-produk layanan perbankan, terutama giat menabung di bank,” katanya.

Tak kalah penting dari itu lanjut Budi, dengan bantuan Beasiswa PISPeduli, para siswa diharapkan akan lebih terpacu lagi meraih prestasi di sekolah.

Dipaparkannya, Keseluruhan program masyarakat desa yang didanai CSR-PPM PT. PIS Tahun 2021 telah diselaraskan dengan program-program APBDes melalui Musrenbangdes yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2021.

“Pada prinsipnya, program ini saling melengkapi dengan program pemerintah yang tertuang dalam APBDes. Dana ini jugq mengisi sebagian kecil kekosongan program yang tidak dapat didanai oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah,” katanya.

Selama kegiatan, PT PIS Peduli Membangun Manusia Muda Barito Utara. Program CSR-PPM berupa Beasiswa PIS Peduli tahun 2021 ini akan menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan untuk menyusun formula program yang lebih tepat tahun berikutnya.

“Beasiswa PIS Peduli niscaya dapat dilaksanakan secara konsisten, selaras dengan komitmen kita untuk ambil bagian dalam membangun manusia muda, khususnya di desa-desa terdekat,” urainya.

BACA JUGA: Gunakan CSR, PT MPG Berbagi Ribuan Paket Bantuan ke Warga Sekitar Kebun Sawit

Sementara Kepala Desa Benao Hilir, Rahim sangat mengapresiasi atas kepedulian perusabahan yang telah menyalurkan bantuan dari program CSR-PPM.

“Semoga bantuan yang telah disalurkan bermanfaat dan berkah untuk kita semua. Terima kasih kami ucapkan kepada pimpinan dan manajemen PT Permata Indah Sinergi,” ucapnya.

Sementara, Kepsek SMAN 1 Lahei Barat, Ngateno menyambut baik program beasiswa bagi siswa berprestasi di Sekolahnya, dan berharap hal ini bisa berlanjut.

“Saya sangat mendukung sekali program seperti ini, bahwa siswa kami mendapat bantuan beasiswa. Mudah-mudahan bantuan itu tidak hanya tahun ini, dan bisa berlanjut ke tahun-tahun berikutnya,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Kepsek SDN 1 Benao Hulu, Wiwiwera yang juga berharap program beasiswa PIS Peduli bisa berlanjut. Selain itu Ia juga berharap agar persahaan bisa membuat kriteria tertulis terkait siswa-siswi yang mendapat beasiswa agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial dikalangan orang tua murid.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2021/11/17/pt-pis-salurkan-dana-csr-ppm-rp-4045-juta-untuk-tiga-desa/
Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.