Husairi Abdi

Selama 10 Hari, Rumkit TPT Soeharsono Buka Pelayanan Operasi Tubektomi Gratis

0

RUMAH Sakit (Rumkit) Tingkat III dr R Soeharsono Banjarmasin menggelar bakti sosial pelayanan keluarga berencana (KB) medis operasi wanita (MOW).

OPERASI steril atau tubektomi tak dipungut bayaran alias gratis ini dihelat Rumkit TPT di Jalan Sutoyo S Banjarmasin untuk menyambut Hari Kontrasepsi Sedunia (World Contraception Day) pada 26 November 2021.

Operasi steril atau tubektomi gratis ini diselenggarakan pada 15 November hingga berakhir 24 November 2021 atau selama 10 hari.

Bakti sosial Rumkit TPT ini bekerjasama dengan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan dan Pemkab Barito Kuala (Batola). Dalam pelayanan KB MOW ini menyasar 16 orang akseptor yang telah memenuhi syarat.

Calon akseptor diskirining dengan pemeriksaan fisik, laboratorium dan harus memenuhi persyaratan operasi. Di antaranya tidak sedang hamil, dan tidak memiliki riwayat operasi di daerah perut yang kemungkinan terjadi perlengketan  sehingga menyulitkan operasi dan tidak gemuk.

BACA : Sekolah Rujukan Pembinaan Kampung Keluarga Berencana

Pelaksanaan operasi tersebut dilakukan di ruang kamar operasi Rumkit Tk. III dr R Soeharsono Banjarmasin oleh dr Soeharto, Sp.OG dan dr. Bill Harman, Sp.OG.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Tk. III dr R. Soeharsono, Letnan Kolonel CKM dr Haikal Mufid Hamid, Sp.Pd  berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kegiatan bakti sosial ini sangat ditunggu masyarakat, karena selama tiga tahun terakhir tidak ada pelayanan gratis medis operasi wanita di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan,” ucap Haikal.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.