Dekranasda Berperan Penting Majukan Perekonomian Rakyat

0

KETUA Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Selatan Masa Bakti 2021-2024, Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor SKM MKes resmi dilantik.

BAGI Hj Raudatul Jannah, adalah sebuah dedikasi untuk melaksanakan amanah sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel ini untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya juga menjadi ketua di masa Bakti 2016- 2021.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Pusat, Wury Ma’ruf Amin, yang digelar secara virtual pada Selasa (16/11/2021).

Selain melantik Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Selatan, Istri dari Wakil Presiden RI itu juga melantik 2 Ketua Dekranasda, Provinsi Jambi dan Provinsi Sulawesi Selatan.

BACA: Dekranasda Kalsel Dorong Tas Rotan HSU Tembus Pasar Internasional

Usai mengikuti prosesi pelantikan, Hj Raudatul Jannah mengatakan, bersama pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota dan pemerintah daerah serta segenap komponen, Dekranasda Provinsi Kalsel akan terus mendorong bagi peningkatan kemajuan usaha kerajinan rakyat.

Dituturkan Raudatul Jannah, Dekranasda memiliki peran penting untuk mengembangkan kegiatan ekonomi potensi produk kerajinan yang bernilai ekonomi dalam peluang usaha. “Semua harus berkolaborasi dengan mengoptimalkan potensi yang ada. Kreativitas dan ikhtiar kuat menjadi kunci keberhasilan setiap pelaksanaan program kegiatan,” terangnya.

Ketua Dekranas Pusat, Wury Ma’ruf Amin dalam sambutannya meminta agar Dekranasda dapat terus berperan aktif dalam meningkatkan produktivitas serta tidak lupa untuk menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan yang dilaksanakan.

“Pengurus Dekranasda harus terus mendukung kerajinan nasional agar ke depannya kerajinan lokal dapat menjadi tuan rumah di negara sendiri. Kerajinan lokal harus menjadi kebanggaan kita,” kata Wury.

Wury juga berharap agar Dekranasda dapat menjadi wadah bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) maupun Industri Kecil Menengah (IKM) khususnya yang bergerak di bidang kerajinan.

Wury ingin hal ini bisa meningkatkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19. “Saya berharap semoga Dekranasda dapat menjadi cahaya di masa seperti sekarang ini. Selain terus berkreasi, Dekranas juga harus memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi sebagai bentuk menyejahterakan para perajin,” jelas Wury.

Wury juga mengucapkan selamat kepada Ketua Dekranasda terpilih. Ia berharap agar ke depannya Dekranas yang lahir dari gabungan Dekranasda dapat menyatukan langkah dan tindakan serta setiap kegiatan dapat dilakukan secara optimal.

“Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kekuatan agar dapat membangun Indonesia dengan melestarikan dan meningkatkan kualitas produk lokal berbasiskan sumber daya alam dan tradisi dari setiap wilayah di Indonesia,” pungkas Wury.

BACA JUGA: Datang ke Kalsel, Istri Sandiaga Borong Sasirangan dan Kunjungi Wadah Konservasi Bekantan

Acara yang dilanjutkan dengan Pengukuhan Ketua Dekranasda dan Pelantikan pengurus Dekranasda Provinsi Kalimantan Selatan, oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor.

Prosesi pelantikan turut disaksikan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan H Muhiddin, di gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin.

Dalam sambutannya, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin mengucapkan selamat dan berharap kepada pengurus Dekranasda yang baru saja dilantik agar bisa langsung bergerak dan fokus melakukan pembinaan dan pengembangan pada industri kerajinan daerah yang tentu saja membawa dampak bagi seluruh aspek kehidupan.

“Perlu usaha lebih dari kita semua untuk membangkitkan kembali potensi kerajinan daerah yang sempat terhambat oleh pendemi covid-19,” ujar Paman Birin.

Selain itu, menurut dia, diperlukan suatu terobosan dan inovasi demi maju dan berkembangnya kerajinan daerah agar lebih produktif untuk mengembangkan kualitas dan kuantitas produksi.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.