Truk Trailer Semen Terperosok, Poros Trans Kalsel-Kaltim Macet Parah

0

GARA-gara sebuah truk trailer bermuatan semen terperosok, kemacetan parah melanda poros Kalimantan Selatan-Kalimantan Timur. Antrean pun mengular hampir satu kilometer.

INFORMASINYA, truk jumbo pengangkut semen itu terperosok di bahu jalan nasional penghubung dua provinsi bertetangga di Kecamatan Murung Pudak, terjadi pada Senin (15/11/2021) dini hari, pukul 02.00 Wita.

Kronologinya, truk bermuatan sak semen itu dikemudian Masriadi (49 tahun) dalam keadaan posisi jalan menanjak. Tiba-tiba ada dua mobil minibus Avanza, menyalip dari belakangan. Saat itu, supir truk trailer tengah memantau atau tancap gas. Ternyata masih ada mobil  Avanza mengiringi dari belakang.

Menghindari tabrakan, supir truk trailer terpaksa bantir setir ke kiri bahu jalan. Akibatnya, karena kondisi tanah labil dan berlumpur, akhirnya truk beroda 18 itu terperosok masuk parit.

BACA : Cegat Truk Semen Masuk Kota, Satlantas Polres Tabalong Sudah Tilang Lebih 50 Unit

Posisi truk pun melintang di tengah jalan, hingga memicu kemacetan lalu lintas parah. Terutama, dari arah Kalsel menuju Kaltim atau sebaliknya. Untuk mengurangi beban truk, rekan sejawat sesama truk semen pun menghampir guna memindahkan muatan, sehingga beban truk bisa lebih ringan.

Kapolsek Murung Pudak, Iptu Samsu Suargana mengungkapkan truk trailer tersebut membawa sebanyak 1000 sak semen. Untuk proses pembongkaran semen ke truk lainnya membutuhkan waktu cukup lama.

“Sementara yang bongkar semen ini hanya 10 orang, sehingga perkiraan baru bisa selesai sekitar jam satu siang,” kata Samsu.

BACA JUGA : Jalan Cepat Rusak, Aktivis Kompak-Ja Tuntut Pemkab HSU-Aparat Hukum Larang Truk Semen Conch Melintas

Kapolsek Murung Pudak, Iptu Samsu Suargana saat diwawancara awak media. (Foto Herry Yusminda)

Dia menambahkan dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Hanya saja, dampak dari truk terperosok mengakibatkan kemacetan parah.

“Secara psikologis kemacetan parah ini tentu dikeluhkan. Terutama para penumpang bus dari arah Balikpapan menuju ke Banjarmasin tersendat. Begitu juga sebaliknya,” tambahnya.

BACA JUGA : Lima Sopir Truk Kelebihan Muatan Ditilang Petugas saat Melintas di Gubenur Soebarjo

Selama proses pembongkaran semen, pihak kepolisian pun mengalihkan arus lalu lintas untuk jenis mobil  yang kecil dan kendaraan bermotor. Mereka diarahkan masuk ke Jalan Pertamina tembus ke Sirkuit Marido dan keluar melalui Jalan Brimob Tanjung.

“Jadi kami mengarahkan yang dekat-dekat, mungkin bisa kami bantu. Salah satu upaya membantu warga yang terjebak macet dan langsung kami antar,” kata Kapolsek Murung Pudak.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.