Sasar 30 Persen Warga Bantaran Sungai, RSUD Sultan Suriansyah Luncurkan Ambulans Sungai

0

LAYANI warga bantaran sungai di Banjarmasin, RSUD Sultan Suriansyah pun meluncurkan ambulans sungai. Tercatat, ada sekitar 30 persen warga menghuni daerah aliran sungai (DAS) di ibukota Kalimantan Selatan.

WALIKOTA Banjarmasin Ibnu Sina pun langsung meresmikan pengoperasian ambulans sungai pertama di Kalimantan Selatan di RSUD Sultan Suriansyah. Ambulans sungai ini pun menggunakan speed boat yang dimodifikasi dengan peralatan medis layaknya mobil ambulans. Bahkan, kecepatan pun juga telah diseting dan bisa merambah ke jaringan sungai yang terkoneksi di Banjarmasin.

Peluncuran moda transportasi sungai untuk kesehatan ini dibarengkan dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 bertema Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku di Panggung Balai Kota, Jalan RE Martadinata, Jumat (12/11/2021).

Walikota Ibnu Sina menyebut dengan hadirnya ambulans sungai, maka untuk penjemputan maupun pengantaran pasien ke RSUD Sultan Suriansyah tidak lagi menghadapi kemacetan di ruas jalan. Ambulans sungai ini pun disiagakan di Dermaga Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Sungai Martapura.

“Jadi, bisa melayani warga lewat jalur sungai. Terutama, warga yang bermukim di pinggiran sungai di Banjarmasin bisa memanfaatkan fasilitas ini,” ucap Ibnu Sina.

BACA : Dipasang Guiding Block, RSUD Sultan Suriansyah Realisasikan RS Ramah Disabilitas Netra

Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) Banjarmasin pada 2020, total penduduk ibukota Kalimantan Selatan ini mencapai 715.703 orang. Tersebar di lima kecamatan, terpadat di Banjarmasin Selatan dengan 167.192 jiwa, disusul Banjarmasin Utara tercatat dihuni 171.403 jiwa, Banjarmasin Barat (153.548 jiwa), Banjarmasin Timur (127 190 orang) dan paling sedikit di Banjarmasin Tengah hanya 96.370 jiwa.

Menurut Ibnu Sina, warga kota Banjarmasin yang menghuni di tepian sungai itu mencapai 30 persen atau sekitar 214.710 orang tersebar di lima kecamatan.

“Jadi mereka bisa memanfaatkan ambulans sungai ini, silakan hubungi call center 119, gratis,” tegas mantan anggota DPRD kalsel ini.

BACA JUGA : Kasus Menurun, Kini RSUD Sultan Suriansyah Tak Lagi Rawat Pasien Covid-19

Untuk diketahui, RSUD Sultan Suriansyah ini diresmikan beroperasi oleh Walikota Ibnu Sina bertepatan pada Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-493 pada 24 September 2019.

Berikutnya, pada 2020, digarap pembangunan dermaga Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Sultan Suriansyah, dan berlanjut pada 2021 disediakan ambulans sungai untuk melayani warga kota di bantaran sungai.(jejakrekam)

Penulis Rahim Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.