Klaim Bisa Atasi Alalak Tengah dan Sungai Andai Diakuri Dewas PDAM Bandarmasih

0

SELALU berulang dan mengulangi masalah yang sama. Masalah pipa bocor selalu menjadi dalih PDAM Bandarmasih, ketika mengemuka keluhan para pelanggan atas tersendatnya distribusi air bersih.

APA tanggapan dari Dewan Pengawas (Dewas) PDAM Bandarmasih? Ketua Dewan PDAM Bandarmasih Ichwan Noor Chalik memastikan pihaknya selalu merespon segala keluhan dari warga, khususnya pelanggan pabrik air milik Pemkot Banjarmasin itu.

“Begitu ada keluhan dari warga Alalak Tengah dan Sungai Andai mengenai macetnya distribusi air bersih di sana, kami langsung meminta pihak manajemen PDAM Bandarmasih segera menindaklanjutinya,” kata Ichwan Noor Chalik kepada jejakrekam.com, Kamis (11/11/2021).

Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin ini mengaku sudah mendapat laporan dari direksi PDAM Bandarmasih bahwa masalah di Alalak Tengah dan Sungai Andai telah teratasi.

Menurut Ichwan, dari keterangan tim teknis PDAM Bandarmasih yang turun ke lapangan di Alalak Tengah, masalah kehilangan air bersih yang ada di jaringan pipa pun telah ditelusuri.

BACA : Cukup 5 Warga Beri Kuasa, BLF Siap Gugat PDAM Bandarmasih

“Padahal, kapasitas produksi air bersih yang disuplai ke kawasan Alalak Tengah juga tidak berubah. Makanya, tim bergerak dan menemukan akar masalahnya, syukurnya sebagian sudah dapat dipecahkan,” kata mantan Plt Kepala Satpol PP dan Damkar Banjarmasin ini.

Ketua Dewan Pengawas (Dewas) PDAM Bandarmasih, Ichwan Noor Chalik (Foto Klikkalsel.com)

Ichwan menyebut masalah di Sungai Andai juga berawal dari pemasangan pipa yang terlalu kecil, karena sebelumnya tak mengukur begitu cepatnya pertumbuhan kawasan pemukiman penduduk di tempat itu.

Kelurahan yang dulunya tergabung dengan Sungai Jingah itu diakui Ichwan merupakan perkampungan kecil. Namun, begitu masuk industri perumahan, Sungai Andai pun menjelma menjadi kawasan padat penduduk.

“Masalah di Sungai Andai pun jadi atensi khusus PDAM Bandarmasih. Insya Allah, tahun 2022 nanti dianggarkan untuk pemasangan pipa berdiameter besar, sehingga air yang disuplai pun akan bisa memenuhi kebutuhan warga di sana,” papar Ichwan.

BACA JUGA : Mengalir Walau Tak 24 Jam, PDAM Bandarmasih Klaim Sudah Atasi Alalak Tengah dan Sungai Andai

Ia memastikan segala keluhan dan kritik dari masyarakat khususnya pelanggan, akan selalu direspon PDAM Bandarmasih. Bahkan, Dewas pun akan memantau perkembangan dari tindaklanjuti tindakannya di lapangan.

“Selama ini, justru jajaran direksi yang ada di PDAM Bandarmasih tergolong cukup responsif dengan keluhan para pelanggan,” ucapnya.

BACA JUGA : Kawal Keluhan Warga Alalak Tengah, Ombudsman Segera Panggil Direksi PDAM Bandarmasih

Ichwan pun menuding justru masyarakat saja yang kurang sabar ketika ada persoalan khususnya terkait soal distribusi air bersih.

“Ya, namanya air, kalau tidak ada pasti kita gelisah. Kami memahami itu, PDAM Bandarmasih memang harus respon dengan keluhan pelanggannya,” pungkas Ichwan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.