Sambil Terisak Paman Birin Bacakan Dua Puisi Di Hari Pahlawan

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor membacakan dua buah puisi pada peringatan Hari Pahlawan 2021, Rabu (10/11/2021).

DUA puisi yang dibacakan di halaman Kantor Setda Provinsi Kalsel, mengingatkan kepada bangsa ini agar menghargai pahlawan yang penuh dengan kegigihan dan pengorbanan itu, ucai membacakan pidato sambutan Menteri Sosial RI.

Peringatan Hari Pahlawan di Kalsel tahun ini digelar langsung, diikuti pejabat lingkup Pemprov Kalsel, Ketua DPRD Kalsel Supian HK dan Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto serta undangan.

H Sahbirin Noor yang betindak selaku inspektur upacara, bertema ‘Pahlawanku Inspirasiku’ itu, tak kuasa menahan haru saat membacakan bait demi bait kedua puisi itu. Bahkan ia sempat terisak dan menarik nafas dalam-dalam.

BACA: Memaknai Hari Pahlawan, Paman Birin: Kagumi dan Teladani Jenderal Soedirman

Puisi pertama yang dibacakan Paman Birin berjudul Nak, Belajarlah Mencintai Tanah Air dari Pahlawan Perang Banjar Barito !

Kemudian Paman Birin membacakan lagi puisi karya Khairil Anwar, yang berjudul Karawang Bekasi. Puisi ini berisi pesan moral, yakni semangat melanjutkan perjuangan meskipun tidak dalam bentuk perang ataupun harus mati. Tetapi lebih kepada memajukan negara dan tetap mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah tiada.

Puisi ini mengandung makna yang dalam, yang menggambarkan insan-insan yang rela mati muda demi perjuangan kemerdekaan yang meminta kesadaran serta simpati insan masa kini untuk tetap mengenang mereka dan melanjutkan perjuangan untuk membela tanah air.

Sementara itu, Menteri Sosial RI dalam amanatnya yang dibacakan Paman Birin, antara lain menyampaikan pesan bahwa kita berbeda–beda, tetapi jangan sampai terpecah–pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.