Bantu Warga Terdampak Banjir, Dinsos Tabalong Dirikan Dapur Umum di Banyu Tajun

0

DINAS Sosial (Dinsos) Kabupaten Tabalong mendirikan dapur umum untuk bantu warga tedampak banjir di Desa Banyu Tajun, Kecamatan Tanjung.

KASI Jaminan Sosial Keluarga dan Penanganan Fakir Miskin Perkotaan dan Pedesaan Dinsos Tabalong, Rawadi, mengatakan dapur umum telah dibangun sejak Senin (8/11/2021) malam. “Dapur umum kita dirikan untuk memasak serta membantu penyaluran makanan dan minuman bagi warga terdampak banjir,” katanya saat ditemui di Desa Banyu Tajun, Tanjung, Selasa (9/11/2021).

Banjir melanda wilayah Desa Banyu Tajun dugaan awalnya terjadi lantaran kondisi Sungai Uwi yang meluap usai hujan lebat turun dalam tiga hari terakhir.

BACA JUGA: Sungai Uwi Meluap, Puluhan Rumah Di Desa Banyu Tajun Terendam Banjir

Menurut Rawadi, berdasarkan data 380 jiwa dari tiga RT terdampak banjir tersebut. “380 jiwa tersebut terdiri dari 90 Kepala Keluarga (KK) di RT 1 dan masing-masing 10 KK dengan total 120 jiwa di dua RT lainnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Tabalong sejak Senin sudah menyediakan nasi bungkus yang dibagikan kepada warga terdampak. “Kemarin 250 nasi bungkus dan hari ini 500 nasi bungkus telah disediakan serta dibagikan,” tambahnya.

Dapur umum yang didirikan Dinsos Tabalong menyiapkan kebutuhan makan untuk tiga kali dalam sehari dan baru akan ditutup bila debit air sudah surut. (jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.