Perjuangkan Hak Buruh, SBNI Hadir di Kalsel dan Kalteng

0

WADAH untuk para pekerja dan buruh berserikat kini hadir di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

JARINGAN organisasi para buruh atau pekerja ini memastikan akan memperjuangkan nasib mereka baik yang bekerja di perusahaan maupun di luar perusahaan.

Prosesi pelantikan dan pengukuhan Serikat Buruh Nasional Indonesia (SBNI) di Provinsi Kalsel dan Kalteng pun dilakukan di Hotel Banjarmasin Internasional (HBI), Banjarmasin, Minggu (7/11/2021) malam.

Usai Dewan Pengurus Daerah (DPD) SBNI Kalsel dan Kalteng dilantik, giliran Dewan Pengurus Cabang (DPC) SBNI kabupaten dan kota diambil sumpahnya.

Sebelumnya, jajaran pengurus DPP SBNI dikukuhan dan dilantik yang menjadi kemudian melantik jajaran di bawahnya, baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota se- Kalsel dan Kalteng.

BACA : Merasa Ada Diskriminasi Upah, Buruh PT SIS Melapor ke Disnaker Tabalong

Majelis Dewan Pertimbangan dan Penasihat DPP SBNI, Antonius Simbolon pun mengukuhkan sekaligus melantik DPD SBNI Kalsel dan Kalteng serta DPC SBNI se-Kalsel dan Kalteng.

Mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalsel ini melantik Ketua Umum DPP SBNI Wagiumn. Dilanjutkan pengesahan komposisi dan personalia DPD dan DPC SBNI se-Kalsel dan Kalteng.

Usai dilantik, Wagimun berjanji akan menjalankan amanah yang diberikan. Dirinya akan segera berkoordinasi dengan pengurus di provinsi lain agar semua jaringan organisasi buruh dan pekerja ini bisa bergerak di wilayah yuridiski masing-masing.

BACA JUGA : Disnakertrans Dinilai Tak Tegas, Buruh Kalsel Ancam Lakukan Aksi

“Kami akan bergerak menjalankan program kerja ke depan. Yang pasti, SBNI ini bisa jadi wadah curhat dan keluh kesah buruh. Terpenting, kita selalu terbuka kepada semua buruh yang ingin masuk anggota ke kita,” ujar Wagimun.

Berikutnya, Wagimun pun melantik Ketua DPD SBNI Provinsi Kalsel Muhammad Syarkawi dan Ketua DPD SBNI Provinsi Kalteng, H Ismail. Giliran, Syarkawi melantik Ketua DPC SBNI Kota Banjarmasin, Ronny Soeharsono.

Dalam jajaran Dewan Pakar DPP SBNI, Hastirullah Fitra, dan Dewan Pakar dan Ahli DPD SBNI Kalsel H Muhammad Yamin dan Zainal Hakim. Termasuk, Dewan Pertimbangan dan Penasihat DPC SBNI Kota Banjarmasin Anang Rosadi Adenansi dan Hj Titin Roesmiaty Imran serta Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kalsel Tito Hartono, hadir dalam acara tersebut.(jejakrekam)

Penulis Faisal Ichal
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.