Songsong Akreditasi Institusi B, Amnus Banjarmasin Usulkan Tambahan Dua Prodi

0

DUA program studi (prodi) diusulkan Akademi Maritim Nusantara (Amnus) Banjarmasin menyongsong akreditasi institusi menjadi B pada 2020 lalu.

KAMPUS yang mencetak para pelaut andal di bawah Yayasan Pendidikan Maritim Indonesia (YAPERINDO) ini tengah mengusulkan dua prodi yakni D3 Nautika (pengoperasian kapal) dan S1 Transportasi Laut.

Saat ini, kampus Amnus Banjarmasin dipusatkan di Jalan Gatot Subroto Nomor 76A, Kuripan, Banjarmasin bersebelahan dengan Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesional (LBPP) Lia.

“Penambahan dua prodi seiring dengan meningkatkan akreditasi institusi Amnus Banarmasin menjadi B pada 2020 lalu,” ucap Direktur Amnus Banjarmasin, Noor Fathulliansyah kepada awak media usai Sidang Senat Terbuka Amnus Banjarmasin di Banjarmasin, Sabtu (6/11/2021).

Dia mengungkapkan saat ini penambahan dua prodi masih berproses di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) XI Wilayah Kalimantan. Fathulliansyah pun mengatakan saat ini pihaknya terus menjalin diskusi dan koordinasi agar rekomendasi dua prodi bisa diterbitkan LLDIKTI yang merupakan lembaga kepanjangan tangan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

BACA : Volume Peti Kemas di Pelabuhan Trisakti Menurun, Banyak Pekerja Tally Dirumahkan

Menurut Fathul, jika rekomendasi dari LLDIKTI keluar, maka izin operasional dua prodi di Amnus Banjarmasin bisa didapatkan. Saat ini, beber dia, untuk prodi S1 Transportasi Pelayaran yang sedang diproses oleh Amnus, merupakan program studi pelayaran satu-satunya yang ada di Kalimantan.“Kami optimistis dua prodi bisa dibuka pada 2022 mendatang,” kata Fathul.

BACA JUGA : Topang Pembangunan Daerah, Pelabuhan Trisakti Terus Berbenah

Untuk diketahui, Amnus Banjarmasin berdiri pada 14 April 1997 diperkuat dalam berita acara notaris Robensyah Syahran. Hingga mendapat label status terdaftar untuk program Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan (KPN) pada 19 November 1997 dengan surat keputusan Mendikbud nomor 79/D/O/1997. Hingga pada 2014, program studi D3 Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan telah terakreditasi dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) bernomor  460/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/XIII/2014.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2021/11/06/songsong-akreditasi-institusi-b-amnus-banjarmasin-usulkan-tambahan-dua-prodi/
Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.