Besok, Haul Akbar Pertama Pangeran Syarif Husein di Karang Intan

0

USAI shalat Zuhur pada Minggu (7/11/2021) besok, akan diadakan Haul Akbar Pertama Pangeran Syarif Husein Bin Awwad Bahasyim.

ALMARHUM adalah suami Ratu Umi/Gusti Halimah Binti Sulaiman, Raja Banjar ke-13 di Komplek Pemakaman Raja Banjar Sultan Sulaiman, Desa Lihung, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Panitia Pelakana acara haul akbar pertama ini, Gusti Safwan mengatakan, ‘meangkat’ (publikasi) makam di Karang Intan ini baru sekitar lima tahun terakhir.

“Pihak kami pun membentuk tim pedatuan, dan di situ ada zuriat-zuriat dari Datu Kelampayan dan zuriat habaib, sebab kita peduli dengan pedatuan,” ucap Gusti Safwan kepada jejakrekam.com, Sabtu (6/11/2021).

BACA: Besok Haul Akbar Pertama Datu Syarifah Aisyah binti Syekh Abdullah Binuang

Dari awal, dengan mempublikasikan/meangkat makam-makam Sultan Banjar, selanjutnya ditandai dengan kubah. “Di Kabupaten Banjar ada 12 makam Sultan, jadi kami sudah bekerjasama dengan Pemkab Banjar. Serta minta izin ke Pemerintah Provinsi Kalsel untuk melibatkan arkeologi dan kebudayan, karena yang dikerjakan itu cagar budaya,” ujarnya.

“Jadi kita ‘meangkatnya’ pun bergiliran. Dimulai dari sultan, selanjutnya ading-ading (adik) sultan, kemudian guru guru sultan,” ungkap Gusti Safwan.

Diceritakan, Syarif Husein adalah guru sekaligus menantu dari Sultan Sulaiman. “Makam beliau sudah lama, tapi kita ‘meangkat’ mulai tahun 2015 kemarin, sampai akhir tahun ini. Ini masanya meangkat makam-makam guru-guru,” katanya lagi.

Persiapan untuk haul akbar pertama pun sudah siap 100 persen dan diperkirakan yang hadir sekitar enam hingga tujuh ribu jamaah.(jejakrekam)

Pencarian populer:houl pangeran syarif husin
Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.