Kolaborasi Komunitas di Banjarmasin Peringati Sumpah Pemuda Lewat Berbagai Aksi Sosial

0

Kolaborasi komunitas Super Friends dan Bold Riders Banjarmasin tak sekadar terlibat dalam kegiatan donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ yang digelar di PMI Banjarmasin dan PMI Kabupaten Banjar pada 11-28 Oktober 2021. Momen peringatan Sumpah Pemuda ini juga dibarengi dengan kegiatan sosial yang bermanfaat lainnya.

Koordinator Acara Alpiyanor mengatakan seusai melakukan donor darah pada 17 Oktober, komunitas Super Friends yang terdiri dari Bartman Bamara, Bartman ID, Bartman Banteng, Bartman Bansel, Bartman Banbar, Bartman Bantim, dan Bartman Banjarbaru langsung menggelar Charity Match Suporter Banua. Charity Match Suporter Banua ini juga dimeriahkan oleh komunitas suporter lain seperti Monster MFC, Bonek Kalsel, K-conk Kalsel, Viking Kalsel, The Macz Man Man Banjarbaru, dan Barito Mania. Dari hasil Charity Match Suporter Banua ini berhasil terkumpul donasi Rp2.795.000.

“Charity Match Suporter Banua ini digelar oleh teman-teman suporter Bartman setelah mereka melakukan donor darah. Hasilnya, donasi yang mereka peroleh disumbangkan ke korban banjir Kalimantan Selatan yang terjadi beberapa waktu lalu,” kata Alpi.

Sementara itu, aksi social juga dilakukan komunitas motor Bold Riders Banjarmasin. Komunitas yang terdiri dari RVC Banjarmasin, BYONIC Banjarmasin, YVCI Banjarbaru, RVC Banjarbaru, BYONIC Banjarbaru, GNC Banjarmasin, BANDIT Batola Banjarmasin, YR15 Banjarbaru, GCI Banjarmasin, CBR Independent Banjarmasin, HSFCI Banjarbaru ini melakukan sunmori dan berkunjung ke Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru.

“Di Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru, teman-teman komunitas motor Bold Riders melakukan kerja bakti membersihkan sampah-sampah di museum. Setelah itu, mereka langsung start menuju PMI Kabupaten Banjar di Martapura.

Selain dari Bartman dan anak-anak motor, komunitas yang ambil bagian dalam kegiatan donor darah adalah Euro Fans Club. Mereka antara lain United Indonesia Banjarmasin, MCSCI Banjarmasin, AIS Banjarmasin, CISC Banjarmasin, PRMI Banjarmasin, MISEZ Banjarmasin, ICI Banjarmasin, PRMI Banjarbaru, FCBFI Banjarmasin, JCI Banjarbaru, Laziale Kalsel. Tingginya antusiasme komunitas untuk mengikuti kegiatan donor darah ini terlihat dari hadirnya 145 peserta dan terhimpun 88 kantong darah.

Komunitas yang terlibat dalam kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA). Untuk menggugah semangat nasionalisme dan jiwa kebangsaan diantara ribuan anggota komunitas, Kolaborasi KITA kembali menggelar kegiatan donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’. Kegiatan yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda ini akan melibatkan lebih dari 800 komunitas dengan ribuan anggota di 88 Kota/Kabupaten di Indonesia Timur.

Program donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah diinisiasi oleh Kolaborasi KITA sejak tahun 2020. Seperti Program ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’ yang dilakukan bersamaan dengan momentum Hari Raya Kurban 1442 H pada 20-23 Juli 2021. Selain itu, ada juga program Tanggap Bencana (Tagana) KITA yang merupakan kegiatan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana.

Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi kita didukung berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur.

Kegiatan donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ juga diharapkan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.