Beri Dukungan Psikologi Sosial Bagi Anak-anak, Polda Kalsel Gandeng Dua Pengusaha Banua

0

MENGUSUNG tema “Peduli Anak, Indonesia Tangguh” Biro SDM Polda Kalsel bersama PT Jhonlin Group dan PT Hasnur Group menggelar Dukungan Psikologi Bagi Anak-anak terdampak covid-19, banjir dan difabel, di Aula Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Selasa (2/11/2021).

PENDAMPINGAN untuk memulihkan psikologi 60 orang anak-anak yang terdampak covid-19, banjir dan difabel nantinya akan dilakukan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Kalimantan Selatan, psikologi SDM Polda Kalsel dan Dinas Sosial.

Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono mengatakan, anak-anak lebih rentan dalam dampak psikologi, mereka belum bisa memahami situasi dan kondisi, apalagi bagi anak yang kehilangan orang tuanya.

BACA: Relawan dan Penyintas Bencana Rentan Diserang Gangguan Psikologis

“Anak-anak butuh kasih sayang dan perhatian, apalagi di masa kecilnya sudah tidak ada figur yang menemani. Itulah yang menjadi sasaran utama kita dalam kegiatan ini,” ucapnya.

Sementara itu, Sukma Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Kalimantan Selatan menjelaskan, langkah awal untuk memulihkan kondisi psikologis akan dilakukan dengan bermain. “Disana akan kita pantau, kalau memang ada bermasalah maka akan kita lanjutkan ke konseling,” ujar Sukma.

“Saat bermain kita lihat seperti apa kegiatan bermainnya, kalau memang ada ciri-ciri, misalkan kondisi psikologisnya ada traumatik bisa terlihat. Seperti kalau lagi bermain banyak diam, dan kami dalami apakah ada mimpi buruk atau ada kondisi yang berbeda antara sebelum dan sekarang. Kalau memang ada bermasalah, maka akan kita lanjutkan ke konseling,” paparnya.

Rikval Fachruri, perwakilan PT Jhonlin Group saat ditemui wartawan menyampaikan, dukungan Jhonlin Group dalam kegiatan ini merupakan wujud bantuan pembinaan di bidang sosial terhadap masyarakat yang terdampak pandemi covid-19, banjir dan difabel, dan kali ini spesifik untuk kalangan anak-anak.

Dalam kesempatan ini, Rikval juga secara simbolis menyerahkan bantuan dari Jhonlin Group berupa beasiswa kepada puluhan anak-anak peserta kegiatan.

“Beasiswa untuk anak-anak ini dari mereka sekolah dasar (SD) sampai selesai sekolah menengah akhir (SMA). Kami juga membantu melalui CSR (corporate social responsibility),” katanya.

Turut hadir Pejabat Utama Polda Kalsel termasuk Karo SDM, Kombes Pol Nanang Masbudi, Direktur Reserse Kriminal Khusus, Kombes Pol Suhasto, Direktur Polairud, Kombes Pol Takdir Mattanete dan yang lainnya.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.