Dorong Pertumbuhan Wirausaha Baru, Disperdagin Banjarmasin Gelar Pelatihan Kerajinan Air Guci

0

PULUHAN warga mengikuti pelatihan kerajinan air guci yang digagas Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, di Rumah Anno Siring Tendean, terhitung dari 1-4 November 2021 mendatang.

KEPALA Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar, mengatakan pelatihan ini digagas untuk mendorong pertumbuhan wirausaha baru (WUB) di kota seribu sungai.

“Peserta pelatihan diharapkan bisa menerapkan ilmu yang disampaikan. Jangan sampai berhenti di sini. Kami berharap ini bisa meningkatkan kreativitas bapak-ibu dalam rangka pembuatan kerajinan air guci,” kata Tezar.

Tezar menambahkan, total peserta yang mengikuti WUB aneka kerajian Air Guci itu ada 30 peserta dari 6 Kelurahan di Kota Banjarmasin. “Masing-masing kelurahan ada 5, dan untuk instruktur sendiri, ada 3 instruktur yaitu masing-masing instruktur memegang 10 peserta pelatihan,” jelasnya.

BACA JUGA: Semarak Tanggui Pelangi di Gang Rahman yang Tampil Menawan

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, bersyukur pihaknya bisa melaksanakan pelatihan Wira Usaha Baru (WUB) Kota Banjarmasin dari 7 SKPD. “Ini salah satu warisan budaya kita yang harus dilestarikan, kerajinan ini banyak dikerjakan oleh ibu-ibu di kampung selain Sasirangan dan Tangggui,” jelasnya.

Ia pun berharap, dari pelatihan WUB tersebut bisa menjadi keterampilan yang bisa menghasilkan produk layak jual untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

“Kita kan sudah ada sekitar 3200 lebih wira usaha baru sampai tahun 2021, ini nanti akan terus ditingkatkan kompetensi dan kemampuan mereka sampai nanti pada digitalisasi UMKM dan bisa memasarkan produk-produk ini sampai di media online,” harapnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.