Jajaran Lapas Tanjung Ikuti Peringatan HDKD ke 76 Secara Virtual

0

LEMBAGA Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIb Tanjung ikut serta dalam upacara peringatan HUT Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia atau Hari Dharma Karya Dhika ke-76 tahun 2021, Sabtu (30/10/2021).

BERTEMPAT di Aula Lapas Tanjung, upacara yang digelar secara virtual dan dipimpin langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yassona H. Laoly ini diikuti oleh seluruh petugas Lapas Kelas IIB Tanjung.

Dalam amanatnya, Menkumham RI mengucapkan Selamat HDKD kepada keluarga besar Kemenkumham RI serta menekankan kepada seluruh jajaran untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat dan tetap selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Selain itu, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly, juga menetapkan 19 Agustus 1945 sebagai Hari Lahir Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Penetapan ini sudah berdasarkan kajian, penelusuran sejarah, dan pengumpulan bukti-bukti autentik, serta wawancara beberapa pakar hukum yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

BACA : Napi Lapas Tanjung Ramai-ramai Rekam e-KTP, Beres Daftar Langsung Terima Kartu

Ke depan, ungkapnya, hari Dharma Karya Dhika ini akan diperingati pada tanggal 19 Agustus setiap tahunnya. Keputusan ini tambahnya sekaligus mencabut Keputusan Menteri Kehakiman tahun 1985. Keputusan ini dilakukan semata-mata untuk mengembalikan dan meluruskan sejarah yang benar.

Sementara, pada kesempatan yang sama, Wakil Menkumham, Edward O.S. Hiariej turut membacakan sejarah singkat Kemenkumham.

Pembacaan sejarah singkat Kemenkumham ini beryujuan untuk memaparkan data dan fakta kepada seluruh peserta upacara, termasuk jajaran Kemenkumham baik di pusat, kantor wilayah, dan unit pelaksana teknis di seluruh wilayah Indonesia yang mengikuti upacara secara virtual.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan syukuran dan Penganugrahan Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.