Husairi Abdi

Ditarget Rampung Awal 2022, Ikon Kincir Angin Komet Banjarbaru Dibangun Lagi

0

PEMERINTAH Kota Banjarbaru bakal kembali membangun ikon kincir angin di Kelurahan Komet, Kecamatan Banjarbaru Utara. Proyek ini sudah mulai dikerjakan dengan kontrak kerja 75 hari dan ditarget rampung pada awal tahun 2022 mendatang.

MESKI hanya berbentuk replika, pemkot setempat meyakini pembangunan kincir angin merupakan upaya pemerintah untuk mengembalikan kenangan masa lampau.

“Akan dibuat replika semirip mungkin. Posisinya akan berubah sedikit,” ujar Aditya.

Menurutnya, pemkot mesti membuat replika karena sisa bangunan kincir yang lawas sudah tidak mampu lagi menahan beban apabila dipasang kembali dengan cara disambung.

BACA JUGA: Jalan Panglima Batur Banjarbaru Bakal Dibangun Pedestrian Sepanjang 2,2 Kilometer

Ikon Kincir Angin Komet sendiri dibangun tahun 1972 silam oleh warga Russia, lalu dibongkar pada tahun 2008 silam lantaran dianggap membahayakan warga. Pemkot sempat membangun kembali kincir angin berupa miniatur namun, hingga kini kondisinya sudah tampak usang.

Dalam catatan HE Benyamine, penulis buku Imagine Banjarbaru, pembongkaran Kincir Angin Komet kala itu diserahkan kepada pemulung dan dibongkar dengan ringan tangan. Padahal, menurutnya, bangunan tersebut memiliki nilai sejarah dan arti penting bagi rekam jejak Kota Banjarbaru.

Bentuk asli Kincir Angin Komet sebelum dibongkar di tahun 2008. Sumber: http://loeweng08.wordpress.com/

Dalam tulisan berjudul Banjarbaru Bongkar Sejarah Kotanya itu, Ben kemudian mengajak agar semua pihak peduli terhadap benda-benda bersejarah, alih-alih membiarkannya hilang atau berubah fungsi.

“Bila Pemko masih tidak sadar sejarah tentang kota Banjarbaru, dan terus mengabaikannya, maka tidak ada yang dapat diharapkan pada elit yang tahunya membongkar, membongkar, dan membongkar sejarahnya sendiri,” ujar Ben dinukil dari buku Imagine Banjarbaru. (jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.