Wujudkan Kota Sehat Desa ODF

0

TIM FORUM Kabupaten Kota Sehat (KKS) penyelenggaraan Rapat Sosialisasi dan Koordinasi Kabupaten/Kota Sehat di Ruang Rapat Kecamatan Matewe, Senin (25/10/2021). Acara dibuka Sekretaris Camat Mantewe Sartoyo dihadiri Tim Forum KKS Kabupaten Tanah Bumbu, seluruh Kepala Desa di Kecamatan Mantewe dan perwakilan puskesmas.

CAMAT melalui Sekretaris Mantewe Sartoyo mengatakan prinsipnya program Kabupaten/Kota Sehat bukan hanya milik sektor kesehatan saja, namun merupakan milik semua instansi yang ada di daerah. “Ya, nantinya dapat mendekatkan program – program pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah kepada masyarakat. Sebab dilakukan melalui pendekatan peran aktif masyarakat serta lebih ditekankan kepada “proses” daripada “output”,” ujarnya.

BACA: Update Covid-19 di Tanbu

Ketua Tim Forum Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Tanah Bumbu Fawaisa Mahabathain menyebutkan, Kabupaten Kota Sehat adalah suatu kondisi Kabupaten Kota yang bersih, nyaman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

“Salah satu indikator yang paling utama adalah setiap desa telah dinyatakan Desa ODF atau Stop BAB Sembarangan (SBS), sehingga Desa ODF adalah desa yang 100% masyarakatnya telah BAB di jamban sehat.” ucapnya.

Pada penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat ini dilakuan sesi tanya jawab oleh para kepala desa kepada Tim Forum Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Tanah Bumbu dengan penyampaian beberapa usulan. Diantaranya terkait jamban sehat, pengelolaan sampah, dan pencemaran air sungai oleh oknum-oknum usaha tambang yang kurang bertanggung jawab.

Usai kegiatan tersebut Tim Forum Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Tanah Bumbu melanjutkan kegiatan yang sama di Kecamatan Karang Bintang.(jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.