Sukses Besar! Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021 Obati Kerinduan Masyarakat Kalsel

0

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata, sukses menyelenggarakan Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021. Meski dilaksanakan secara terbatas, event tahunan yang dipusatkan di area Kantor Gubernur Kalsel dan Siring 0 KM di Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin itu nyatanya tetap mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

BERBAGAI kegiatan yang disuguhkan selama 3 hari pelaksanaan festival, sejak 22-24 Oktober 2021, berjalan dengan sukses dan mampu mengobati kerinduan masyarakat akan suguhan wisata budaya.

Atraksi 100 Acil Jukung, mampu memanjakan mata pengunjung di hari pertama. Pada malam harinya, Lomba Perahu Hias menghiasi Sungai Martapura, yang digelar bersamaan dengan Workshop Foto dan Video di area Podcast. Untuk kegiatan di hari kedua, Lomba Pawai Budaya dan Fashion Carnaval menampilkan berbagai kreativitas para peserta yang dipusatkan di panggung koloseum.

Puncak kegiatan pada Sabtu malam (23/10/2021), ada pertunjukan Water Show & Laser yang membuat Sungai Martapura semakin semarak. “Alhamdulillah kita sudah melaksanakan kegiatan Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021 mulai Jumat sampai hari ini (24/10/2021), selama 3 hari berjalan dengan sukses,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, M. Syarifudin, dalam sambutannya saat penutupan acara.

BACA: Bangkitkan Sektor Pariwisata, Sekdaprov Buka Festival Pasar Terapung

Ia mengucapkan rasa syukur karena acara tersebut berjalan lancar dan sukses. “Terimakasih pada pemerintah kabupaten/kota yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, serta pihak lainnya yang ikut memeriahkan,” lanjutnya.

Kegiatan tersebut, jelasnya, dapat memberikan harapan ke depan bahwa Kalimantan Selatan bisa berkegiatan yang sama karena sudah lama tidak ada acara-acara kebudayaan akibat pandemi Covid-19. “Ini merupakan tonggak kebangkitan kita dalam melaksanakan kegiatan di bidang pariwisata yang diharapkan juga bisa kembali menggerakkan roda perekonomian Kalimantan Selatan,” tutupnya.

Tak hanya lomba-lomba saja, namun sejumlah stand di area Kampung Banjar juga jadi perhatian masyarakat, terutama yang mengenalkan makanan tradisional. Festival yang sempat ditunda satu tahun akibat pandemi Covid-19 itu nyatanya berhasil menyedot perhatian masyarakat dan diharapkan dapat menjadi salah satu panduan penyelenggaraan kegiatan wisata dan budaya di provinsi ini.

Salah satu yang menarik perhatian adalah adanya human board atau manusia papan yang berkeliling di area kegiatan untuk mengingatkan pengunjung menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama di lokasi. Tempat cuci tangan dan pembatasan pengunjung juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk menekan risiko penularan virus, apalagi kegiatan digelar di ruang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik.

Bahkan untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Kalimantan Selatan, vaksinasi massal pun juga digelar pada Sabtu (24/10/2021) siang di lobi Kantor Gubernur yang diikuti 150 peserta dari berbagai kalangan, baik yang sudah mendaftar secara daring.

BACA JUGA: Tiga Hari Diisi Atraksi Seni, Festival Budaya Pasar Terapung Resmi Ditutup

Vaksin yang disediakan pun untuk dua dosis, yakni 50 dosis vaksin pertama yang menggunakan Astrazeneca dan 100 dosis vaksin kedua yang menggunakan Sinovac. Hal itu juga ditujukan untuk menekan risiko terjadinya penularan virus di area wisata, dan mencegah terbentuknya klaster baru seperti yang dikhawatirkan banyak kalangan.

Pada Minggu petang (24/10/2021), Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021 resmi ditutup, setelah pada pagi harinya digelar perlombaan jukung B6.  Berikut daftar pemenang seluruh kategori lomba perlombaan pada Festival Wisata Budaya Pasar Terapung Kalsel:

•          Kategori Kampung Banjar

–           Juara pertama Kota Banjarbaru

–           Juara ke-2 Kabupaten Tanah Laut

–           Juara ke-3 Kabupaten Balangan

–           Juara ke-4 Kabupaten Kotabaru

–           Juara ke-5 Kabupaten Tabalong

–           Juara ke-6 Kabupaten Hulu Sungai Selatan

•          Lomba Kelotok Hias

–           Juara pertama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel.

–           Juara ke-2 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalsel.

–           Juara ke-3 Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan

•          Kategori Acil Jukung

–           Juara pertama Nur Asiah

–           Juara ke-2 Masitah

–           Juara ke-3 Usmah

•          Balap Jukung (Jukung B6)

–           Juara pertama Tim Raja Banlur 2

–           Juara ke-2 Tim Buaya Kuning

–           Juara ke-3 Tim Laju dan Tim Garuda 01. (jejakrekam)

Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.