Pengurus PKK Tanbu Ikuti Lomba PPL B2SA

0

LOMBA Menu Pengembangan Pangan Lokal (PPl) Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tahun 2021 diikuti 12 pengurus PKK se-Kabupaten Tanah Bumbu.

KEGIATAN yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Tanbu dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Ambo Sakka. “Kegiatan ini tidak hanya sebatas peningkatan kuantitas dari menu yang diperlombakan. Tapi lebih penting pada kualitasnya,” ucap Ambo Sakka.

Menurutnya, setidaknya masyarakat bisa teredukasi bahwa makanan gizinya harus seimbang, atau menu yang bermutu hingga terjamin dan higienis dari sudat kesehatan.

Lomba tersebut menampilkan berbagai olahan yang variatif. “Kami melihat potensinya berada pada ubi kayu. Kebetulan saat kami mengajak para kader PKK Kecamatan agar saatnya meningkatkan gizi masyarakat, sekaligus meningkatkan ekonomi keluarga dengan mengolah ubi kayu menjadi tepung,” ujar Ketua PKK Tanbu diwakili Hj Hasnah Masude.

BACA: Bupati Tanbu Kunjungi Desa Sumberbaru

Dari 12 Kecamatan yang sudah tersedia tanaman lokal hingga bisa di kembangkan menjadi pangan lokal, Ia berharap bernilai gizi dan higienis serta layak di konsumsi masyarakat.

Hj Hasnah menilai, hasil olahan pangan sudah saatnya dipikirkan menjadi peluang usaha cukup besar. “Kita akan membantu para kader PKK di kecamatan aspek pengemasan, marketing, dan membantu alat pengolahnya,” tambah Hj Hasnah.

Kini tepung olahan telah terjual. “Alhamdulillah tepung olahan mereka sudah ada yang dijual di Banjarbaru,” tuturnya.

Terkait sinergitas dengan SKPD, Hj Hasna memastikan setiap ada program kerjanya yang berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat agar tetap dilibatkan. “Jadi antara program kerja kabupaten dengan program kerja yang ada di SKPD, tentu kami bisa sinkronisasi hingga lebih cepat mengimplentasikan program program kegiatan seperti hari ini,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.